Mengenal Apa Itu Branding


Tanggal : 27 April 2021       Kategori : Berita

Pada hari Selasa dan Rabu (27/04 s.d 28/04) UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur kembali mengadakan kegiatan Pelatihan Online dengan tema Peningkatan Daya Saing Usaha UMKM dengan Strategi Branding, Packaging & Labeling. Pada hari pertama (27/04) akan disampaikan materi yang pertama yaitu mengenai Branding. Kegiatan pada hari pertama ini dipandu oleh Setiawan Anom Pribadi, ST, Analis Diklat UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur dan menghadirkan Heru Oktavianto, S.Kom., M.M, Widya Iswara Ahli Pertama UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur sebagai narasumber.

Mengawali sesi pada pagi ini Anom (sapaan akrab Setiawan Anom Pribadi, ST) menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi pemirsa setia chanel YouTube UPTPKUKM JATIM. Untuk memancing suasana agar lebih hangat Anom bertanya kepada Heru (demikian Heru Oktavianto biasa disapa oleh rekan-rekannya) apa dasar mengambil tema Branding pada kesempatan ini. Heru merespon dengan menyampaikan jika tujuannya adalah agar kita lebih mengenal apa itu yang dimaksud Branding, "tujuan saya mengambil tema Branding pada hari ini adalah agar kita, khususnya pelaku Koperasi dan UKM (KUKM) harus mengenal, lebih dekat, dan familiar dengan branding, tidak hanya konsentrasi kepada kualitas produk tetapi melupakan apa itu Branding, karena manfaat Branding sungguh luar biasa dalam penjualan suatu produk", demikian Heru membuka materinya.

Lebih lanjut Heru menyampaikan tujuan atau goal yang ingin dicapai melalui materi pada hari ini adalah agar pelaku KUKM lebih aware dengan pentingnya Branding, "goal yang ingin saya capai adalah agar segala hal-hal yang dilakukan lebih powerfull, mulai dari peningkatan penjualan, peningkatan volume usaha, dan sebagainya, mudah-mudahan kegiatan ini mampu menjadi triger bagi gerakan Koperasi & UKM untuk lebih mengenal dan aware tentang pentingnya Branding", ujar Heru. Definis Branding menurut Heru adalah kegiatan komunikasi, memperkuat, mempertahankan sebuah brand dalam rangka memberikan perspektif kepada orang lain yang melihatnya. Untuk menambah wawasan peserta tidak lupa Heru menyampaikan beberapa definisi Branding menurut para ahli marketing seperti Philip Kotler dan Robin Landa.

Ada beberapa jenis Branding menurut Heru, antara lain :

  1. Cultural & Destination Branding, Bali menjadi tempat wisata yang paling mudah kita ingat jika berbicara mengenai budaya dan pariwisata unggulan dari Indonesia
  2. Product Branding, Joger dan Krisna adalah 2 brand yang melekat erat di benak para wisatawan jika ingin membeli oleh-oleh dari Bali
  3. Personal Branding, personal branding harus nyambung dengan product branding, sosok yang digunakan untuk meng-endorse suatu produk harus menggambarkan identitas dari produk tersebut
  4. Corporate Branding, visi dan misi dari perusahaan harus mulai dibangun untuk mengenalkan produk-produk yang dihasilkan ke kalangan masyarakat luas

Lebih lanjut Heru menyampaikan ada beberapa fungsi brand, yaitu :

  1. Brand sebagai Pengingat & Pembeda
  2. Brand sebagai bagian Membangun kepercayaan
  3. Brand mendukung Penjualan

Sedangkan ada beberapa kriteria agar Brand itu kuat imagenya di mata masyarakat, antara lain :

  1. Sederhana / Mudah di ingat
  2. Berbeda/unik
  3. Mudah di ingat dan di ucapkan
  4. Teruji oleh waktu

Pada sesi selanjutnya Heru menyampaikan tentang langkah-langkah untuk membangun sebuah Brand, yang dimulai dari menggarap Produk, bagaimana membuat produk agar disukai oleh masyarakat, jika masyarakat sudah cinta akan produk tersebut dengan sendirinya akan tercipta Brand yang kuat di otak masyarakat, langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menciptakan rasa suka pada suatu produk yaitu dengan Personal Branding, Promotion, dan memberikan Labelling & Packaging yang baik pada produk tersebut. Jika Brand sudah terbentuk dengan kuat maka masyarakat diharapkan juga harus loyal dengan maka Brand tersebut, untuk menciptakan sikap loyal tersebut juga dibutuhkan Personal Branding dan Promotion yang kuat dari Produsen.

Menutup paparannya pada pagi ini Heru menyampaikan strategi branding, yaitu sebuah rencana strategis untuk mengembangkan brand agar bisa mencapai tujuan. Berikut ini adalah beberapa media untuk membangun strategi branding, yaitu :

  • Sosial Media
  • Powerfull Copywriting, lagi ngetrend pada saat ini karena menggambarkan brandnya seperti apa, keistimewaan yang dimiliki apa saja, dan lain sebagainya
  • Video Marketing, untuk saat ini lebih menarik daripada gambar-gambar marketing, contoh dengan menggunakan video tik tok
  • Influencer Marketing, menggunakan sosok yang populer di masyarakat/selebriti untuk mengendorse produknya agar dikenal masyarakat, dan usahakan agar sosok tersebut mempunyai kesesuaian dengan produk yang diiklankan, butuh biaya yang besar jika menggunakan media ini
  • Gunakan even-even tertentu yang menarik untuk mengenalkan suatu produk
  • Berikan merchandise yang menarik untuk memperkuat brand suatu produk di hati masyarakat