Strategi Membuat Profil Usaha UMKM Eksklusif


Tanggal : 28 Oktober 2020       Kategori : Berita

Selasa siang (27/10) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur melalui Klinik KUKM BDC Jawa Timur kembali mengadakan pelatihan online di bulan Oktober ini dengan tema “Strategi Membuat Profil Usaha UMKM Eksklusif”. Sebagai narasumber pada pelatihan kali ini adalah Ruli Kusumahadi, Tenaga Ahli Organisasi, SDM, dan Pembiayaan Klinik K-UKM BDC Jawa Timur. Kegiatan terbagi menjadi tiga sesi. Pertama, pembukaan, kedua, tampilan singkat profil klinik KUKM Jawa Timur dan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur, ketiga, pemaparan materi dan sesi tanya jawab.

Ruli Kusumahadi, Tenaga Ahli Organisasi, SDM, dan Pembiayaan Klinik KUKM BDC Jawa Timur mengawali kegiatan hari ini dengan memberikan pemaparan singkat kepada pelaku UMKM mengenai pentingnya memiliki profil perusahaan. "Agar sebuah perusahaan dapat dilirik dan bisa memikat hati para strategis bisnis, perusahaan tentu memerlukan perkenalan atau kesan awal yang menarik,"ujar Ruli membuka materi pada hari ini.

"Dan salah satu bentuk perkenalan perusahaan tersebut, biasanya diwakili dengan sebuah media yang disebut dengan company profile atau profil perusahaan," lanjut Ruli.

Ruli menyebutkan, Profil perusahaan ini dapat dijadikan sebagai alat untuk mengajukan penawaran kepada investor, kerjasama dengan mitra, maupun calon klien.

Dalam pemaparannya Ruli juga mengatakan, keberadaan profil perusahaan sangatlah penting. Saking pentingnya, pembuatannya harus dipersiapkan secara matang. Citra sebuah perusahaan dapat dilihat melalui company profilenya. Semakin eksklusif company profile, maka semakin bagus penilaian orang terhadap perusahaan.

Ada beberapa bentuk company profile yang sering digunakan, diantaranya adalah company profile cetak, video, dan juga website. Company profile cetak merupakan media yang paling umum digunakan sejak dulu dan diklaim paling mudah dalam pembuatannya. Biasanya berupa sebuah buku/Katalog/Poster. Konten company profile cetak berfokus pada tulisan, gambar serta warna yang didesain secara terstruktur, menarik dan eksklusif.

Kemudian ada website company profile yang bisa menjadi alternatif ketika kita tidak bertemu langsung dengan audience. "Dengan website, banyak orang dapat mengetahui profil perusahaan Anda. Kapanpun dan dimanapun mereka berada dapat membaca tentang perusahaan Anda. Oleh karena itu, media website juga penting untuk profil perusahaan," ujar Ruli.

Profil perusahaan juga bisa disajikan dalam bentuk video. Video merupakan media yang sangat efektif untuk presentasi atau menyampaikan pesan inti dari perusahaan. "Tidak semua orang merupakan tipe pembaca. Sehingga pelaku UMKM dapat menggunakan company profile berupa video. Apalagi saat ini, video merupakan marketing tools yang sangat populer. Orang lebih suka menonton video jika dibandingkan dengan membaca berita atau tulisan lain," sambung Ruli.

Menurutnya, kegiatan presentasi, promosi, dan dokumentasi perusahaan saat ini jauh lebih mudah, terjangkau, dan lebih menarik dengan media video. Dengan video company profile, perusahaan akan lebih mudah untuk presentasi ke publik, konsumen, internal perusahaan, bahkan ke calon investor.

Sehingga, Ruli memaparkan beberapa teknik yang perlu dikuasai oleh UMKM dalam membuat sebuah company profile yaitu : pertama, perkenalkan perusahaan dalam sebuah company profile yang menarik, ringkas, namun informatif, untuk meninggalkan kesan berarti bagi yang melihatnya.

Kedua, dalam membuat company profile sebaiknya juga menunjukkan visi dan misi dari perusahaan Anda. Selain itu Anda juga perlu menunjukkan produk barang atau jasa yang akan dijual atau ditawarkan.

Ketiga, pembuatan company profile yang baik setidaknya bisa menggambarkan kualitas dari perusahaan. Sehingga cantumkan berbagai kelebihan dari perusahaan pada company profile agar semakin banyak para konsumen dan klien yang tertarik bekerja sama sekaligus membeli produk Anda.