Workshop Peningkatan Produk Di Bidang Kerajinan


Tanggal : 28 Agustus 2019       Kategori : Berita

Bertempat di Hotel Horison Yusro Jombang, pada tanggal 26-27 Agustus 2019 Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan Workshop Peningkatan Produk KUKM Di Bidang Kerajinan. Kegiatan ini diikuti oleh 80 (delapan puluh) orang peserta yang berasal dari Perkumpulan Pengusaha Bordir Jawa Timur.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Seksi Produksi, Suratno, SE, M.Si, yang mewakili Kepala Dinas Koperasi & UKM Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutannya Suratno menyampaikan bahwa produk kerajinan atau kriya dari Indonesia berpeluang besar memasuki pasar internasional, untuk itu semangat dari para UMKM perajin dalam menghasilkan dan memasarkan hasil produknya harus dijaga, jangan sampai kendor, kemauan untuk berinovasi juga harus selalu menyala, karena dengan aktif berinovasi produk-produk UMKM kita tidak akan pernah kalah baik secara kualitas maupun kuantitas dari serbuan produk-produk asing yang gencar menyerbu pasar tanah air. Dukungan dari Pemerintah sebagai pemangku kebijakan juga sangat diperlukan, baik itu dari sisi regulasi ataupun kemudahan segala akses bagi UMKM pelaku usaha kerajinana. Memungkasi sambutannya Suratno menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah :
1.    Peningkatan pengetahuan tentang Produk KUKM di Bidang Kerajinan
2.    Peningkatan Sumberdaya Ekonomi untuk kepentingan Anggota KUKM dan Masyarakat
3.    Peningkatan volume usaha KUKM di bidang Kerajinan
4.    Peningkatan pemahaman tentang Pengembangan Usaha pengelolaan Kerajinan

Sedangakan narasumber yang hadir pada kegiatan ini adalah :
1.    Sutikno, Kepala Bidang Produksi dan Restruktusisasi Usaha Kab. Jombang, dengan materi "Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Di Era Digital"
2.    Trusti, dari MS. Sulam Bordir, dengan materi "Zero Waste Fashion"