Pengaduan Masyarakat

      Sampaikan Keluhan Anda

Sulistio ningsih
pada tanggal : 05-05-2021
Saya mau pengaduan tentang UMKM daftar sejak tahun 2020 bulan 11.tgl 23..sampai sekarang tidak mendapatkan bantuan UMKM micro...mohon di bantu...trimakasih

Admin merespon:
Mohon maaf proses verifikasi untuk penerima BPUM tahun 2020 dilakukan oleh Kementerian Koperasi & UKM RI serta pihak perbankan, jadi keputusan mengenai lolos/tidaknya seorang pelaku UMKM untuk mendapatkan BPUM adalah kewenangan kedua lembaga tersebut
Asri wijiningsih
pada tanggal : 04-05-2021
Saya sebagai nasaba mekar. Dari pertama mekar ada d kampung saya..tapi knapa pinjaman saya gk bisa d naikkan dan berhenti cukup 3000 aja.. dan semua teman2 saya yang baru juga mendapat bantuan 2400+1200 tapi knapa saya gak dapet, yg kaya malah di kasih bantuan, tolong di survai dengan baik/ teliti jangan pilih kasih...

Admin merespon:
Baik bu terima kasih informasinya, menjadi bahan evaluasi bagi Pemerintah supaya kedepannya lebih baik lagi dalam teknis memberikan bantuan, terkait plafon pinjaman ibu yang maksimal Rp. 3 juta silahkan ditanyakan ke pihak mekar apa permasalahannya, untuk dicari bersama solusi yang terbaik
ERNAWAti
pada tanggal : 04-05-2021
Saya dari nasabah pnm mekar apa kah tahap 3 itu memag ada ??

Admin merespon:
Benar memang ada program penyaluran BPUM dari Pemerintah untuk tahun anggaran 2021, tetapi mohon maaf sesuai dengan surat dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia No. 256/Dep.2/IV/2021, tanggal 06 April 2021 perihal Penyaluran Program BPUM 2021, disampaikan bahwa data usulan program BPUM Tahun 2021 disampaikan ke Kementerian Koperasi dan UKM RI paling lambat tanggal 30 April 2021, jadi mohon maaf usulan BPUM sudah ditutup. Silahkan sesering mungkin mengunjungi website Kementerian Koperasi & UKM RI (https://kemenkopukm.go.id/) dan follow akun IG nya (kemenkopukm) untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai bantuan-bantuan yang diharapkan
Yogo slamet purnomo
pada tanggal : 04-05-2021
Mau tanya saya sbagai penerima umkm BRI 1,2 jt,, udh saya cek ke cbg bri terdekt,, awal bulan april ,, tpi sampe sekarang ko blum juga cair,, padahal udh hmpir sebulan,, untuk alamat kalbar, kabupaten landak , kecamatan sengah temila

Admin merespon:
Harap bersabar dulu, jika saudara lolos verifikasi akan dihubungi oleh bank penyalur yang sudah ditunjuk oleh Pemerintah
Dinda AR
pada tanggal : 04-05-2021
Assalamualaikum wr.wb, Pak/Bu saya adalah penerima BPUM gel 2 (saya sudah cek di eform BRI). Setelah itu saya mengumpulkan peryataan pencarian bantuan tersebut ke Bank BRI. Setelah 2 minggu menunggu antrian. Sampai sana petugas bank bilang bahwa uang saya tidak bisa di cairkan sebab nama di data BPUM ada yang salah ketik 2 huruf (berbeda dg ktp). Nama asli Rasiyemma lalu menjadi Rasyamma. Namun NIK sama. Seperti di ktp. Pihak bank tidak bisa mencairkan. Akhirnya saya telepon dinas UMKM wilayah tempat tinggal saya dan pihak dinas bilang "bisa kok di cairkan" ternyata nama saya salah ketik dari input data kecamatan (kelalaian kecamatan). Pihak dinas umkm memberikan solusi untuk meminta surat keterangan salah ketik nama ke Jenggawah. Dan saya ke bank di arahkan untuk melakukan perbaikan nama. Apakah uang saya bisa di cairkaan ya Pak / Bu. Soalnya ini kan bukan salah saya tapi salah pengetikan nama oleh pihak kecamatan saya. Sehingga nama saya typo hurufnya. Mohon penjelasannya dan bantuannya.

Admin merespon:
Coba dikoordinasikan yang baik dengan pihak BRI bu, datangi cabang BRI terdekat dengan membawa surat keterangan salah ketik nama dari Kecamatan setempat yang dilengkapi dengan tanda tangan mengetahui dari Dinas Koperasi dan UMKM kab/Kota setempat
Ina
pada tanggal : 04-05-2021
Saya nasabah Mekar dari jawa tengah.. kenapa didaerah jawa tengah masih belum ada bantuan masuk yang 1.2 Padahal daerah lain sudah pada cair

Admin merespon:
Harap bersabar dulu, jika saudari lolos verifikasi akan dihubungi oleh bank penyalur yang sudah ditunjuk oleh Pemerintah
Rusmiyati Rejeki
pada tanggal : 04-05-2021
Kemarin suami saya mendapat bantuan UMKM setelah di daftarkan dari desa, masalahnya suami saya ikut pencairan di bank BRI dan suami saya d suruh tandaf tangan setelah tandah tangan ternyata di beri tahu oleh petugasnya jika memiliki kredit macet di bank BRI cab tersebut. Jadi uang bantual Blt UMKM tersebut tidak sumai saya terima.. Tahu seperti itu lebih baik tidak usah tandaf tangan biar uang tersebut hangus biar kembali ke pemerintah. Biar pemerintah yg menyalurkan lagi ke orang yg membutuhkan. Gimana caranya agar bantuan tersebut bisa d batalkan

Admin merespon:
Kami sarankan ibu untuk mendatangi cabang BRI tempat suami ibu mempunyai kredit macet tersebut, minta tolong ketemu dengan pimpinan cabangnya atau petugas yang bisa mengambil kebijakan terkait pencairan BPUM, silahkan disampaikan bahwa: 1.) Sesuai juklak penyaluran BPUM dari Kementerian Koperasi & UKM RI bahwa salah satu syarat calon penerima BPUM adalah tidak sedang menerima KUR, karena jika menerima KUR suami ibu tentunya tidak akan lolos verifikasi oleh Kementerian Koperasi & UKM RI., 2.) Perlu disampaikan juga bahwa dana BPUM yang diperoleh digunakan untuk modal usaha produktif, bukan untuk membayar hutang atau kredit macet., 3.) Sesuai FAQ yang dirilis oleh Kementerian Koperasi & UKM RI setelah calon penerima BPUM melakukan konfirmasi dan menandatangani pertanggung jawaban mutlak sebagai penerima BPUM lalu akan dilakukan verifikasi dokumen dan data, jika sudah sesuai maka dana BPUM sebesar 1,2 juta akan segera dicairkan secara langsung dan sekaligus, tidak boleh ada potongan apapun
Anco
pada tanggal : 04-05-2021
Saya ingin memberbanyak ternak bebek syang nya tidak punya modal

Admin merespon:
Kami sarankan saudara sesering mungkin mengunjungi website Kementerian Koperasi & UKM RI (https://kemenkopukm.go.id/) dan follow akun IG nya (kemenkopukm) untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai bantuan-bantuan yang diharapkan
Suyani
pada tanggal : 04-05-2021
Tolong cek/verifikasi betul2.karna banyak pendaftar tak punya bidang usaha mikro /abal2 ikut daftar penerima blt Umkm.kalau mereka lolos vetifikasi dan yng benar2 punya usaha mikro tidak lokos kan kasihan.padahal mereka sangat butuh untuk modal usaha di masa pandemi ini.banyak umkm yang terdampak pandemi covit 19

Admin merespon:
Baik bu terima kasih informasinya, menjadi bahan evaluasi bagi Pemerintah supaya kedepannya lebih baik lagi dalam teknis memberikan bantuan
Erni aprillia putri
pada tanggal : 03-05-2021
Assalamu'alaikum. Saya erni nasabah mekar sejak 2020, pas ditahun 2020 saya kabarnya dpt banpres yg dengar2 2,4jt. Fotocopy dokumen sya sudah pernah dimintai sama perugasnya mekar katanya untuk pengurusan banpres nya,tapi selang beberapa bulan setiap kali saya tanya ke ketua kelompok nasabah mekar ditempat saya jawabanya selalu belum cair, sampai awal tahun pun setiap kali saya tanya selalu seperti itu jawabannya. Satu minggu yang lalu saya disuruh kerumahnya ketua kelompok nasabah mekar katanya dapat bantuan lagi, saya langsung kesana, sesampai disana saya dikasih atm bni ( atmnya udah jelek ,diambilnya dari laci uang diwarungnya) , katanya disuruh ke bank bni untuk proses buka blokiraannya. Saya bingung saya harus gimana melakukan pengaduan kemana untuk mengadukan ketidak adilan ketua kelompok saya

Admin merespon:
Baik bu terima kasih informasinya, menjadi bahan evaluasi bagi Pemerintah supaya kedepannya lebih baik lagi dalam teknis memberikan bantuan. Solusi untuk pencairan BPUM ibu yang tahun 2021 ini adalah silahkan mendatangi Bank BNI untuk mengurus teknis pencairan BPUM, karena Bank BNI adalah salah satu bank yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk menangani teknis pencairan BPUM