Detail Berita

BKOW Latih Anggotanya Kuliner Ayam Geprek




Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) dan Koperasi Citra Fatma kembali memberikan pelatihan kepada anggotanya. Bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, pelatihan berlangsung di ruang rapat Arya Wiriaatmaja Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jatim, 16 Oktober 2017.


Pelatihan yang diikuti tigapuluh orang peserta anggota BKOW dan Koperasi Citra Fatma ini merupakan lanjutan dari pelatihan tanggal 22 Agustus 2017, yaitu kuliner ayam. Jika pelatihan pertama kuliner ayam kalasan, maka pelatihan tingkat lanjutan ini memasak ayam geprek dan rica-rica dengan instruktur Hari Susanto dari Swan Culinary Sidoarjo.


Pelatihan tingkat lanjutan ini dibuka oleh Ketua Umum BKOW Jawa Timur, Dra Hj. Fatimah Saifullah Yusuf, dihadiri Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jawa Timur, Drs Zaenal Arif, MM, dan Ketua DWP Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jawa Timur, Ny. Mas Purnomo Hadi.  


Dalam sambutannya Fatma Saifullah Yusuf mengingatkan bahwa bangsa Indonesia saat ini membutuhkan kewirausahaan. Bidang ini bukan hanya semata-mata berperan sebagai penggerak perekonomian masyarakat, namun juga sebagai pendorong perubahan sosial bagi peningkatan kualitas hidup manusia.


“Untuk menjadi negara maju, Indonesia sedikitnya membutuhkan 2% penduduknya untuk menjadi wirausahawan dan hingga saat ini baru 0,18% saja yang mampu diwujudkan,” kata istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf ini.


Kepada anggota BKOW dan Koperasi Citra Fatma yang mengikuti pelatihan, Fatma berpesan supaya pelatihan ini dapat diimplementasikan dengan baik. “Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menumbuhkan inspirasi dalam menciptakan beragam kreativitas kuliner ayam yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan peluang usaha sehingga kemandirian usaha dapat terwujud,” kata Fatma.


Bukan hanya itu, pelatihan singkat ini diharapkan dapat memperluas kesempatan kerja dan berusaha, menciptakan lapangan pekerjaan serta memenuhi kebutuhan pasar dan masyarakat, yang berimplikasi pada peningkatan jumlah lapangan kerja.


Sulistyowati, salah seorang peserta yang mengikuti pelatihan ini, mengaku gembira bisa mengikuti pelatihan tingkat lanjutan ini. Sebelumnya dia mengikuti pelatihan tingkat satu. Wanita yang tinggal di Mulyosari, Surabaya, ini sekarang berwirausaha kue dengan merek Serabi Solo. Kue produknya dititipkan ke toko kue.


Bermodal mengikuti pelatihan tingkat lanjutan ini Sulistyowati berencana membuka usaha kuliner berbahan dasar ayam. “Insya Allah saya akan mengembangkan usaha kuliner ayam,” kata sekretaris I BKOW Jawa Timur ini. (res)




  22

Kembali