Detail Berita

Sinergi Program Kementerian KUKM dan Dekranas (Dewan Kerajinan Nasional) di Smesco Indonesia.




kenali negerimu dan cintai negerimu

Di saat kita memasuki Paviliun SMESCO ini,  nampak corak dan warna-warni kain tenun dan batik menghiasi etalase di setiap paviliun, mulai lantai satu dan dua paviliun. Penuh dengan produk-produk asli dari Indonesia. Bahan fashion, mendominasi hampir seluruh paviliun. Namun produk lain juga sangat bagus-bagus. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah turut hadir disini.

Dihadiri Ketua Dekranas Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Koperasi dan UKM R.I. Puspayoga, Duta besar negara sahabat, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Ketua Bundo Kanduang Prof. Raudha Thaib, Bupati Walikota, Ketua Dekranasda Provinsi, Kabupaten dan Kota se Sumatra Barat. Re-Launching produk unggulan provinsi seluruh Indonesia dengan sinergi program Kementrian KUKM dan Dekranas (Dewan Kerajinan Nasional), sekaligus meresmikan Smesco Minang Festival, disaksikan 34 Kepala Dinas Koperasi dan UKM seluruh Indonesia serta 600 undangan lainnya.

Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno menyampaikan terima kasih kepada ibu Mufidah Jusuf Kalla sebagai Ketua Dekranas yang telah hadir langsung, Menteri KUKM yang telah memfasilitasi sarana promosi produk unggulan Provinsi Sumatera Barat di Smesco Indonesia, Jakarta. Walau produk unggulan kita di Sumatera Barat cukup unik dan menarik, namun jika tidak dipromosikan, tentu akan sulit dikenal di pasaran, ujar Gubernur.

Kekayaan khazanah budaya terutama tentang baju adat di Minangkabau sangat beragam. Diperkirakan lebih dari 600 - 800an lebih ragam pakaian adat Minangkabau yang perlu dilestarikan keberadaannya. Acara ini secara resmi dibuka langsung oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Republik Indonesia, Ny. Hj. Mufidah Jusuf Kalla. Sekaligus Re- Launching Produk Unggulan Provinsi dan Smesco Minang Festival di lantai 3 Creative Stage, Smesco Indonesia, di Jakarta. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Bukan karena saya orang minang. Namun jika daerah lain menggelar kegiatan seperti ini, maka saya akan hadir juga, ujar istri Wapres. Ini adalah bukti semangat pemerintah terhadap pelaku UKM di Indonesia. Ditengah-tengah persaingan global dunia. Sektor UKM memiliki kendala aspek pemasaran. Perlu adanya pembiayaan, permodalan, pemanfaatan tehnologi dam pemasaran. Karena produk UKM dekat dengan masyarakat, bahan baku seluruhnya dari lokal. Tentunya produk-produknya mempunyai karakter dari perajin. Selalu dituntut berinovasi dan kreatifitas si perajin. Agar semuanya bisa menunjukan kreatifitas produk unggulan masing-masing daerah. Dalam sambutan, Ny. Mufidah Jusuf Kalla menyampaikan sebait pantun, Anak dara pandai menulis, Tulisannya jadi berita, Jangan bilang kita nasionalis, Jika tidak memakai produk nusantara. Menkop UKM, Puspayoga menyatakan, bahwa gedung Smesco Indonesia sudah memiliki konsep baru dan telah dijadikan semacam miniaturnya Indonesia. Apapun ada di smesco ini. Seluruh produk unggulan, kerajinan dan termasuk kuliner nusantara ada disini. Karena ada unsur edukasinya. Karya-karya anak bangsa harus mampu mengangkat citra bangsa Indonesia. Smesco juga menyediakan E-working space untuk kretifitas anak muda milinial. Inilah nilai edukasi yang tinggi bagi anak muda Indonesia. Mengharapkan semua pelaku UMKM memanfaatkan gedung Smesco ini. Baik koperasi, UKM dan even tidak dipunggut biaya. Untuk even UMKM dan Koperasi di lantai 3. Tapi lantai 4 sampai lantai 17 itu ada tarif yang ditetapkan Kemenkeu. Dengan adanya even ini, semoga produk unggulan bisa terbeli. Pelaku UMKM lebih bersemangat dan produknya mampu berkembang pesat. Mari kita manfaatkan sebagai ajang promosi. Agar bisa menjaga nasionalis produk Indonesia. Smesco Minang Festival ini ditutup dengan khasanah budaya peragaan busana tanah minang. (13/4/18 Tim Publikasi)




Kembali