Detail Berita

DONGKRAK GIZI & LABA LEWAT PELATIHAN OLAHAN IKAN




Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur terus melakukan berbagai upaya guna mengembangkan kewirausahaan. Salah satu yang menjadi andalan adalah pelatihan singkat (short course) gratis bagi masyarakat awam maupun calon-calon pelaku usaha.
Seperti yang diadakan pada 11 Juli 2018 di kantor Dinas Koperasi & UKM Jatim bekerjasama dengan Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jatim menggelar pelatihan produk makanan dan minuman.
``Makanan dan minuman memiliki potensi pasar yang besar. Inovasi dan kreativitas menjadi salah satu faktor penentu. Nah...kami mengajak wirausahawan untuk terus naik kelas. Dengan peningkatan kualitas termasuk kemasan kami berharap usaha mikro naik menjadi usaha kecil dan seterusnya,`` ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Mas Purnomo Hadi.
Dengan berbagai peningkatan kualitas dan penguatan dari segala lini, mulai produksi hingga permodalan, diharapkan UMKM di Jatim mampu bersaing di pasar lokal,nasional maupun internasional.
Acara yang diikut sekitar 50 orang dari Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Jatim dan  Koperasi Citra Padma Wanita ( CPW) ini salah satunya melatih peserta untuk mengolah makanan berbahan dasar ikan yaitu steamboat,steak dan tomyam ikan.
Dalam kesempatan ini, Ketua BKOW Jatim,Fatma Saifullah Yusuf mengatakan bahwa Indonesia saat ini membutuhkan banyak wirausahaan baru. Bidang ini bukan hanya semata-mata berperan sebagai penggerak perekonomian masyarakat, namun juga sebagai pendorong perubahan sosial bagi peningkatan kualitas hidup manusia.
``Nah untuk pelatihan kali ini juga sesuai dengan gerakan Gemar Makan Ikan. Bukan hanya untuk usaha yang memberikan keuntungan tapi juga meningkatkan gizi masyarakat,``ujarnya.
Apalagi Indonesia merupakan negara maritim, sehingga bahan baku ikan relatif mudah didapat.(16/07/2018,tim publ)

 




Kembali