Kampung Kreasi Wujud Sinergi antar Lembaga di Jawa Timur


Tanggal : 2 Juni 2023       Kategori : Berita

Siang hari Kamis (1/6) bertempat di Centre Point Royal Plaza Jl. A. Yani Surabaya berlangsung Pembukaan “The 4th Kampoeng Kreasi – Pameran Kreatifitas dan Inovasi Desa”, fasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa-DPMD Provinsi Jawa Timur kepada pelaku usaha kecil dan menengah Jawa Timur.

“Kampoeng Kreasi 4th merupakan pameran produk unggulan pedesaan sebagai salah satu upaya meningkatkan perekonomian Jawa Timur pasca pandemi, khususnya memberdayakan pelaku ekonomi di pedesaan. Selain sebagai wadah pamer produk unggulan, melalui forum ini diharapkan pelaku usaha saling ketemu, diskusi, saling asah, asuh, tukar pengalaman sehingga dapat mengangkat dan memperkuat produk pengusaha lokal ke pusat perbelanjaan”, demikian Kepala Dinas DPMD Prov. Jatim-Budi Sarwoto sampaikan.

Gubernur Jawa Timur-Khofifah Indar Parawansa dalam Sambutannya menyampaikan, “Telah dilaksanakan kegiatan strategis, yaitu: East Java International Trade Festival-EJITF. Sebagai kelanjutan dari Misi Dagang Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke Saudi Arabia, Hongkong, Malaysia dan Timor Leste tercatat transaksi senilai Rp.1,85 T, yang didalamnya ada penguatan desa devisa”.

“Maka peserta kegiatan ini, yang sudah mempunyai produk disiapkan agar dapat masuk dalam kualifikasi desa devisa (produk desa yang bersangkutan; ada asosiasi dalam Koperasi, Bumdes atau lainnya) sehingga dapat mengakses program LPEI-Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia, yaitu mendapatkan pendampingan, pembiayaan dan dikembangkan pasarnya”, pesan Khofifah.

Pada kesempatan ini diberikan bantuan kepada pelaku usaha dari Bank Jatim, Bank UMKM Jatim, Bank Mandiri; Bantuan Zakat Produktif kepada Keluarga Penerima Manfaat dan Penerima BPJS Ketenagakerjaan.

Hadir dalam acara ini Pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur: Asisten II, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur-Dr. Andromeda Qomariah, M.M., Kepala Bappeda Prov. Jatim, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Jatim, Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Bank Jatim, Bank UMKM Jatim, Bank Mandiri, IWAPI, Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Wil VII, Basnaz Jatim, Perwakilan OJK, Sampoerna, Rumah Kurasi, Kadin Jatim,  Ekspor Center Surabaya dan Manajemen Perhotelan Universitas Airlangga Surabaya.

Kolaborasi Bidang Pemasaran dan Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jatim dengan menghadirkan pelaku usaha di tiga stan pameran dan satu stan layanan informasi, yaitu: U.D. Family Food Gresik  (olahan ikan, dimsum frozen food); Velista Craft Surabaya (aksesoris); CV. Dua Putri Sholehah Kab. Probolinggo (Bawang Hunay-Bawang Goreng dan bumbu masak) dan Lestari Almonindo Sidoarjo (minuman sari almond). (Tim pbl, 02/06/2023).