Kunjungan Diskop UKM Jateng Ke Jawa Timur Guna Meningkatkan Kualitas UKM Frozen Binaannya


Tanggal : 15 Maret 2023       Kategori : Berita

Sidoarjo-Kolaborasi merupakan kunci dari pengembangan UKM. Oleh karena itu sebagai wujud kolaborasi dan berjejaring, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) pada hari Rabu (15/3) menerima dengan hangat kunjungan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah (Diskop UKM Jateng) pada kegiatan yang bertajuk Bimtek dan PKL Peningkatan UKM Makanan Frozen/Resiko Tinggi. Menerima kunjungan yang berlangsung diruang Aria Wirjaatmadja ini adalah Fathan Syarif Purnama-Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Diskop UKM Jatim serta Helmy Syarief-Tenaga Ahli Pemasaran Diskop UKM Jatim.

Dalam acara ini Diskop UKM Jateng dalam rombongan yang dipimpin oleh Muhammad Irsa-Analisis Bimbingan Usaha-membawa serta 20 pelaku UKM frozen binaannnya yang menghasilkan berbagai macam produk olahan seperti lumpia, yoghurt, tahu bakso, ikan frozen, ikan filet, dan sebagainya yang berasal dari 4 (empat) Kota/Kabupaten antara lain Kota Salatiga, Kabupaten Demak, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Semarang. Kunjungan tersebut rencananya akan dilanjutkan dengan lawatan ke 3 (tiga) Kota/Kabupaen di Jatim, yakni Malang, Sidoarjo, dan Gresik guna meningkatkan kualitas UKM  makanan frozen yang memilki resiko tinggi.

“Selain memohon izin melakukan kunjungan ke lokasi yang sudah dijadwalkan, kami dari pihak Diskop UKM  Jateng juga meminta pendampingan dan bimbingan atas kunjungan yang akan dilaksanakan. Hal ini tentunya demi pengembangan bisnis dari teman-teman pelaku UKM yang ada,” terang Irsa menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya beserta rombongan.

Melanjutkan acara, Fathan Syarif dari Diskop UKM Jatim menjelaskan berbagai program strategis yang dicanangkan di Jawa Timur guna mendukung pemberdayaan Koperasi dan UKM. Yaitu mulai dari Millenial Job Center (MJC), platform pembelajaran online melalui Sijawara Plus, hingga platform belanja digital dari Pemerintah seperi Jatim Bejo, PaDI UMKM, dan Rumah Kurasi.

Fathan menambahkan, kesempatan menerima kunjungan seperti saat ini merupakan kolaborasi yang sama-sama dibutuhkan kedua belah pihak. “Hal ini sebagaimana yang terus ditekankan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim, yakni untuk terus memperkuat networking dan kolaborasi,” tandasnya.

Selain dari pihak Dinas, salah satu peserta UKM yang hadir, Dwi, pelaku usaha lumpia frozen dari Semarang turut mengungkapkan kebahagiannya atas acara kunjungan pada siang hari ini. Menurutnya, kunjungan ini menjadi kesempatan belajar yang berharga. “Rasanya senang mendapat kesempatan belajar sampai ke Jawa Timur. Bisa berkunjung ke tempat usaha lain untuk menambah pengalaman dan teladan,” ungkapnya.

Selanjutnya, acara kunjungan tersebut dilanjutkan dengan sesi foto bersama, selain itu pertukaran plakat juga dilakukan sebagai bentuk simbolis atas kerjasama antara kedua belah pihak. (Tim Pbl, 15/03/2023)