Kurasi Produk KUKM Jawa Timur


Tanggal : 11 Mei 2022       Kategori : Berita

Bertempat di Ruang Aria Wirjaatmadja, Rabu (11/5) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jawa Timur – Andromeda Qomariah memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan Kurasi Produk K-UKM Jawa Timur. Hadir pula dalam acara ini Kepala Bidang Pemasaran – Andrio Himawan Wahyu Aji dan Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha – Susanti Widyastuti.

“Kurasi produk UKM ini diperlukan dalam rangka untuk mendapatkan produk yang berkualitas dan terstandardisasi yang dapat diterima pasar. Produk yang dijual mempunyai keunggulan dari segi rasa, kualitas maupun packaging-kemasan. Kita tahu bahwa packaging merupakan persoalan yang harus ditingkatkan”, Andromeda mengawali arahan.

“Alhamdulillah pagi ini rata-rata sudah mempunyai kemasan yang baik”, puji Andromeda pada para Peserta Kurasi UKM.

“Program kurasi ini diharapkan dapat memberikan feedback kepada Peserta Kurasi. Apalagi ini sebagai respon program pemerintah untuk menumbuhkan UKM agar menjadi UKM tangguh dan mandiri serta dapat mendorong terjadinya percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi”, lanjut Andromeda.

“Sesuai himbauan Presiden R.I. Joko Widodo agar kegiatan belanja pemerintah  memanfaatkan produk UKM, produk dalam negeri (makanan, minuman, alat kesehatan, souvenir). Hal ini akan mendorong UMKM kita agar terus berbenah. Karena yang bisa masuk dalam pembelanjaan pemerintah adalah yang sudah dikurasi, profil jelas dan ada dalam katalog”, urai Andromeda.

“Dalam upaya meningkatkan kualitas produk sesuai standar ekspor tidaklah mudah. Produk makanan dan minuman dituntut untuk memiliki standar nutrisi dan kebersihan seperti sertifikat HACCP - Hazard Analysis Critical Control Point. Diperlukan kolaborasi, sinergi dan kerja sama dengan berbagai stakeholders untuk mendorong produk K-UKM Go Global”, Andromeda mengakhiri arahan.

Di tempat terpisah Helmy Syarif-Tenaga Ahli Pemasaran menyampaikan, bahwa informasi pendaftaran kurasi melalui ig.diskop.jatim, whatsapp grup dan media sosial lainnya telah diterima pendaftar sebanyak 379 UKM Jawa Timur. Selanjutnya diundang untuk mengikuti kurasi sebanyak 92 UKM yang terdiri dari produsen makanan, minuman, kulit, craft, fashion, homedecor, bordir/sulam dan kriya/aksesoris. Kegiatan Kurasi Produk dilaksanakan tanggal 11-12 Mei yang terbagi dalam 4 sesi pertemuan.(tim pbl,11/05/2022).