Misi Dagang dan Investasi Provinsi Jawa Timur dengan Kalimantan Selatan


Tanggal : 17 April 2022       Kategori : Berita

Rabu (13/04) kembali digelar kegiatan Misi Dagang dan Investasi Provinsi Jawa Timur, kali ini ke Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan ini dipusatkan di Hotel Galaxy Jl. A Yani Kota Banjarmasin. Beberapa komoditi serta UKM unggulan Jawa Timur hadir disana. Kegiatan ini merupakan temu bisnis antara 2 Provinsi. Kerjasama antara Jawa Timur dan Kalimantan Selatan ini sudah lama terjalin dan potensi transaksi cukup besar, maka juga dilakukan program investasi di antara kedua provinsi dengan dilakukan penandatanganan kerjasama antara para pelaku usaha, KADIN, Badan Usaha Milik Daerah, IWAPI dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sehingga bisa meningkatkan sektor pembangunan di kedua provinsi. Di Jatim dan Kalsel juga banyak berdiri pondok pesantren sehingga perlu dilakukan pengembangan pesantren dengan membentuk ekosistem ekonomi karena potensi telah ada untuk mencetak wirausaha dan saat ini dituntut untuk menjadi pelaku usaha digital yang sudah menjadi kebutuhan mendesak.

Pada kesempatan ini dilakukan pula penandatangan kerjasama antara Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur dengan Kalimantan Selatan tentang Pemberdayaan KUKM. Meliputi penguatan kelembagaan, potensi produksi, data produk unggulan dan promosi serta pengembangan produk halal dan pemberdayaan ekonomi pesantren.

UKM unggulan Jawa Timur yang turut hadir dalam misi dagang antara lain : UKM Dyarfa (fashion muslim) dan UKM Dua Putri (minuman rempah jahe). Turut serta beberapa produk unggulan OPOP Jatim seperti Kopi, Kripik, Sambal, dll yang dipamerkan pada acara tersebut.