Pelatihan Membuat Siomay Dalam Rangka Diversifikasi Produk KUMKM


Tanggal : 23 Juni 2022       Kategori : Berita

Bertempat di Gedung BDC-Business Development Center / Klinik KUMKM Dinas Koperasi dan UKM Provisni Jawa Timur menyelenggarakan Pelatihan Membuat Siomay dan Tahu berbahan ikan pada Rabu (22/06). Menurut Ririn - Owner Laras Food dari UD Family Food Gresik – bahan ikan ini dapat diganti dengan daging ayam atau sapi sesuai selera yang diinginkan.

Pelatihan diikuti 50 orang Peserta yang mendaftar secara online berasal dari beberapa daerah di Jawa Timur antara lain Surabaya, Sidoarjo, Kediri, Lamongan, Gresik, Jember, Sampang, Blitar, Mojokerto, Probolinggo. Peserta Pelatihan dikelompokkan menjadi 5 kelompok masing-masing terdiri dari 10 orang. Bahan praktek telah disiapkan di masing-masing meja kerja.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur-Dr. Andromeda Qomariah, M.M. berkesempatan menutup acara dengan menyampaikan beberapa arahan sebagai berikut :

  • Sesuai Tugas dan Fungsi dalam pemberdayaan KUMKM Jawa Timur, maka Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jawa Timur berkomitmen untuk selalu hadir dalam rangka pembinaan dan melaksanakan program serta mendorong UMKM naik kelas agar tetap eksis, berdaya saing dan terus berkembang dengan mengikuti jaman dan pasar;
  • Jumlah kaum millenial 24,72% sedangkan generasi Z 24,82%. Ini merupakan modal yang sangat besar untuk kita terus berkembang dan berkolaborasi dengan para millenial. Harapan kami koperasi juga mengajak para millenial yang ahli dibidangnya;
  • Kegiatan ini akan menumbuhkan inspirasi, inovasi dan motivasi para peserta untuk menciptakan berbagai macam kreatifitas yang berkualitas dan unik;
  • Mewujudkan kemandirian usaha, memperluas jaringan pemasaran yang akan berimplikasi pada peningkatan pendapatan, lapangan kerja serta mengurangi kemiskinan.

“Peserta dapat memproses NIB-Nomor Induk Berusaha, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, manajerial, membuat laporan keuangan, sertifikasi halal , promosi di pasar lokal maupun luar provinsi yang akan difasilitasi Dinas”, pesan Andromeda menutup arahan (tim pbl, 23/06/2022).