Upacara Bendera Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023


Tanggal : 1 Juni 2023       Kategori : Berita

Seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada hari Kamis (01/06) serentak melaksanakan kegiatan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Bertempat di halaman depan, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur tentunya juga turut serta mengadakan Upacara serupa yang diikuti oleh segenap Karyawan/Karyawati di lingkungannya. Sebagai Inspektur Upacara pada kesempatan ini adalah Sekretarias Dinas - Veronica Ratih Murwani, yang membacakan amanat dari Presiden Republik Indonesia - Joko Widodo, atau yang akrab kita kenal dengan sapaan akrab Pak Jokowi. “Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan Bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hatib angsa Indonesia”, pesan Presiden Jokowi dalam amanatnya yang dibacakan Ratih.

“Saat ini Bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis Pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan Bangsa Indonesia. Ke depan kita akan mewujudkan Indonesia emas 2045 dan impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia; menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika; menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia; masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi; terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia; menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik; dan Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia”, lanjut Ratih membacakan Amanat Presiden Jokowi.

Bertugas sebagai petugas Upacara antara lain, Perwira Upacara – Anjik Sudiyantoro, Komandan Upacara - Achmad Herdana; Pengibar Bendera Merah Putih - Dwi Sulistiono, Asril Suguh Sarwono, Minhajul Qowim; Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 - Deded Purwono ; Pembaca Teks Panca Prasetya KORPRI- Muhammad Anis Burhanuddin, Pembaca Doa - Danang Sujud Setiawan; serta Paduan Suara oleh Gita Swara Muda. (Tim pbl, 01/06/2023)