Upgrade Skill Agar Selalu Untung Lewat Digital


Tanggal : 16 Mei 2024       Kategori : Berita

Sidoarjo – Dalam rangka meningkatkan skill para pelaku UMKM, Tokopedia, Tiktok dan Bank Jago berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) mengadakan pelatihan Upgrade Skill bersama Tokopedia dan Tiktok dengan tema “Selalu Untung Lewat Digital”. Kegiatan yang berlangsung pada hari Rabu (15/05) di ruang pertemuan Aria Wiriaatmadja di lingkungan Diskop UKM Jatim ini diikuti kurang lebih 60 orang peserta dari pelaku UKM dari seluruh wilayah Jawa Timur. Beberapa narasumber yang hadir diantaranya Tokopedia Seller Education-Rahmat Arif Febriyanto, Seller Education Shop Tokopedia-David Anderson, Owner Tokopedia-Mila Widjaja dan Bank Jago Spesialis Digital Lending Go To Market-Triyanto Hidayat.
Head of Comunication Tokopedia-Aditya dalam kata pengantarnya menjelaskan bahwa tokopedia bersinergi dengan Tiktok sejak Desember Tahun 2023 lalu. Kedua platform ini sudah digunakan oleh kurang lebih 21 juta pelaku UMKM, hampir 100% UMKM lokal. Hal ini akan memberikan peluang bagi UMKM lokal atau brand lokal agar mendapatkan dampak positif dalam melakukan penjualan menggunakan 2 platform ini. “kegiatan ini untuk meningkatan daya saing dan agar para pelaku UMKM bisa lebih kompetitif serta lebih sukses lagi”, harap Aditya.
Dalam perkembangan zaman para pelaku UKM harus menyesuaikan bahwa sekarang sudah berada di era serba digital, berdasarkan data per Januari 2024  bahwa pengguna media sosial mencapai 139 juta orang di Indonesia atau setara dengan 9,9 persen dari populasi penduduk nasional yang berjumlah 278,7 juta orang, dari angka tersebut dapat dilihat ada potensi yang cukup besar besar dalam penggunaan media digital. “Saya harap kedepanya kegiatan ini akan terus berkelanjutan dan dilaksanakan agar UMKM di Jawa Timur semakin melek digital, syukur-syukur tidak hanya dalam pemasarannya tetapi pada peningkatan kapasitas produksi dan pembuatan laporan keuangannya” ujar Kepala Diskop UKM Jatim-Andromeda Qomariah dalam sambutannya.
Pemateri pertama, Tokopedia Seller Education-Rahmat Arif Febriyanto memaparkan tentang mengoptimalkan potensi pasar spesial di surabaya beserta tips dan triknya. Tokopedia menjangkau pasar lebih luas bersama seller dengan berbagai campaign dan fitur COD. Untuk membuat produk menjadi lebih dikenal oleh masyarakat dengan melakukan konten video kreatif. Seller Education Shop Tokopedia-David Anderson menunjukkan cara memasarkan produk di Tokopedia dengan membangun trafik organik dan mendorong dengan iklan. Pengelolaan keuangan pelaku UMKM menjadi hal penting dalam suatu bisnis, hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan layanan bank digital, salah satunya dengan Bank Jago. Bank Jago menjadi penting karena pendapatan dan pengeluaran jadi luas, mengambil keputusan jadi mudah, dan memudahkan para pelaku UMKM dalam mengatur budgetnya. (Tim Pbl, 15/05/2024)