Strategi Membuat Profil Usaha UMKM Eksklusif
Tanggal : 28 Oktober 2020 Kategori : Berita
Selasa siang
(27/10) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur melalui Klinik KUKM BDC Jawa
Timur kembali mengadakan pelatihan online di bulan Oktober ini dengan tema “Strategi Membuat Profil
Usaha UMKM Eksklusif”. Sebagai
narasumber pada pelatihan kali ini adalah Ruli Kusumahadi, Tenaga Ahli Organisasi, SDM, dan
Pembiayaan Klinik
K-UKM BDC Jawa Timur. Kegiatan terbagi menjadi tiga sesi. Pertama,
pembukaan, kedua, tampilan singkat profil klinik KUKM Jawa Timur dan Dinas
Koperasi dan UKM Jawa Timur, ketiga, pemaparan materi dan sesi tanya jawab.
Ruli Kusumahadi, Tenaga Ahli
Organisasi, SDM, dan Pembiayaan Klinik KUKM BDC Jawa Timur mengawali kegiatan
hari ini dengan memberikan pemaparan singkat kepada pelaku UMKM mengenai
pentingnya memiliki profil perusahaan. "Agar sebuah perusahaan dapat
dilirik dan bisa memikat hati para strategis bisnis, perusahaan tentu
memerlukan perkenalan atau kesan awal yang menarik,"ujar Ruli membuka materi pada hari ini.
"Dan salah satu bentuk
perkenalan perusahaan tersebut, biasanya diwakili dengan sebuah media yang
disebut dengan company profile atau profil perusahaan," lanjut Ruli.
Ruli menyebutkan, Profil
perusahaan ini dapat dijadikan sebagai alat untuk mengajukan penawaran kepada
investor, kerjasama dengan mitra, maupun calon klien.
Dalam pemaparannya Ruli juga
mengatakan, keberadaan profil perusahaan sangatlah penting. Saking pentingnya,
pembuatannya harus dipersiapkan secara matang. Citra sebuah perusahaan dapat
dilihat melalui
company profilenya. Semakin eksklusif company profile, maka semakin
bagus
penilaian orang terhadap perusahaan.
Ada beberapa bentuk company
profile yang sering digunakan, diantaranya adalah company profile cetak, video,
dan juga website. Company profile cetak merupakan media yang paling umum digunakan
sejak dulu dan diklaim paling mudah dalam pembuatannya. Biasanya berupa sebuah
buku/Katalog/Poster. Konten company profile cetak berfokus pada tulisan, gambar
serta warna yang didesain secara terstruktur, menarik dan eksklusif.
Kemudian ada website company
profile yang bisa menjadi alternatif ketika kita tidak bertemu langsung dengan
audience. "Dengan website, banyak orang dapat mengetahui profil perusahaan
Anda. Kapanpun dan dimanapun mereka berada dapat membaca tentang perusahaan
Anda. Oleh karena itu, media website juga penting untuk profil
perusahaan," ujar Ruli.
Profil perusahaan juga bisa disajikan dalam bentuk video. Video merupakan media
yang sangat efektif untuk presentasi atau menyampaikan pesan inti dari
perusahaan. "Tidak semua orang merupakan tipe pembaca. Sehingga pelaku
UMKM dapat menggunakan company profile berupa video. Apalagi saat ini, video
merupakan marketing tools yang sangat populer. Orang lebih suka menonton video
jika dibandingkan dengan membaca berita atau tulisan lain," sambung Ruli.
Menurutnya, kegiatan
presentasi, promosi, dan dokumentasi perusahaan saat ini
jauh lebih mudah, terjangkau, dan lebih menarik dengan media video. Dengan
video company profile, perusahaan akan lebih mudah untuk presentasi ke publik,
konsumen, internal perusahaan, bahkan ke calon investor.
Sehingga, Ruli memaparkan
beberapa teknik yang perlu dikuasai oleh UMKM dalam membuat sebuah company
profile yaitu : pertama, perkenalkan perusahaan dalam sebuah company
profile yang menarik, ringkas, namun informatif, untuk meninggalkan kesan
berarti bagi yang melihatnya.
Kedua, dalam membuat company
profile sebaiknya juga menunjukkan visi dan misi dari perusahaan Anda. Selain
itu Anda juga perlu menunjukkan produk barang atau jasa yang akan dijual atau
ditawarkan.
Ketiga, pembuatan company
profile yang baik setidaknya bisa menggambarkan kualitas dari perusahaan.
Sehingga cantumkan berbagai kelebihan dari perusahaan pada company profile agar
semakin banyak para konsumen dan klien yang tertarik bekerja sama sekaligus
membeli produk Anda.