Bootcamp Lomba Koperasi Siswa Jawa Timur Tahun 2023


Tanggal : 7 Juli 2023       Kategori : Berita

Sidoarjo-Sebagai rangkaian memperingati Hari Koperasi ke-76 Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Lomba Koperasi Siswa di lingkungan SMA/SMK/MA di Jawa Timur.

Senin (3/7) dilaksanakan Boothcamp melalui  kanal zoom yang diikuti oleh 43 Koperasi Siswa di Jawa Timur dari pagi hingga sore hari. Menghadirkan Nara Sumber dari unsur Dewan Juri dan Pegiat Koperasi, yaitu: Atik Purmiyati, S.E., M.Si, Ph.D.-Fak. Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya; Anis Sa’adah, S.Sos-ICCI, Dra. Warsiyati-Dinas Pendidikan Prov. Jatim; Fadhila Kresna-Koperasi Muda Mudi Madiun dan Valentinus-CEO Keling Kumang, Tapang Sambas Kab. Sekadau Prov. Kalimantan Barat.

Aisyah Aminy-Analis Kebijakan Ahli Muda menyampaikan dalam Laporan, bahwa Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah: meningkatkan pemahaman generasi muda tentang Koperasi; Mengenalkan Ilmu Kewiurausahaan serta menjadikan Koperasi sebagai salah satu pilihan terbaik untuk membangun bisnis.

Membuka kegiatan bootcamp, mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jawa Timur, Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi-Iva Candraningtyas mengatakan generasi z sangat mampu beradaptasi dengan teknologi kekinian. Dengan menggunakan digitalisasi, Koperasi akan merambah level sekolah menengah tingkat atas dan mahasiswa. Karena sangat adaptif, maka melalui teknologi akan dapat dilakukan berkoperasi dan berwirausaha di kalangan anak muda. “Tetap semangat dan terus belajar”,pesan Iva.

Sesi berikutnya adalah penyampaian materi dari nara sumber, yatu dari Atik Purmiyati-Rencana Bisnis; Fadhila Kresna-Masa Depan dan Digitalisasi Koperasi Indonesia; Anis Sa’adah-School Cooperatives; Valentinus-Yang Muda Berkoperasi. Kemudian telah diumumkan 20 Koperasi Siswa yang terpilih untuk mengikuti tahapan Lomba Koperasi Siswa yang digelar melalui zoom pada Selasa, 4 Juli 2023. (Tim pbl, 03/06/2023).