Final Lomba Koperasi Siswa Tahun 2023


Tanggal : 7 Juli 2023       Kategori : Berita

Sidoarjo-Sebagai lanjutan dari kegiatan Bootcamp Lomba Koperasi Siswa Jawa Timur Tahun 2023 yang diadakan sehari sebelumnya, pada hari Selasa (04/07) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan Final Lomba Koperasi Siswa Tahun 2023, kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan hari Koperasi ke-76 Tahun 2023.

Setelah melalui proses seleksi administrasi, dari 43 pendaftar yang berhasil lolos nominasi sebanyak 20 Koperasi Siswa, antara lain sebagai berikut : 1.) Koperasi Siswa Maju Sejahtera, dari SMAN 2 Lamongan; 2.) Soebandi BC, dari SMK Dr. Soebandi Kab. Jember; 3.) Koperasi Karya Mandiri, dari SMAN 1 Kedungpring Kab. Lamongan; 4.) Koperasi Ganesha, dari SMAN 1 Situbondo; 5.) Koperasi Siswa Al Barokah, dari MAN Kab. Lumajang; 6.) Koperasi Sekolah SIGMA, dari SMKN 1 Bojonegoro; 7.) Koperasi Sekolah MAN Kota Pasuruan; 8.) Koperasi Siswa SMAHADA, dari SMA Hang Tuah 2 Kab. Sidoarjo; 9.) Kopsis Modern Shakira Bina Cendekia, dari MAN 2 Tulungagung; 10.) Koperasi Mamba'ul Ulum Dua, dari SMK BIM PPMU, Kab. Mojokerto; 11.) Koperasi Cipta Mandiri, dari SMKN Mojoagung Kab. Jombang; 12.) Koperasi Taruna Bhakti, dari SMAN 1 Manyar, Kab. Gresik; 13.) Koperasi Sekolah Mega Baru, dari SMAN 1 Karangan, Kab. Trenggalek; 14.) Koperasi Krida Siswa, dari SMKN 1 Kraksaan Kab. Probolinggo; 15.) Koperasi Siswa Satya Radika, dari SMKN 1 Kab. Trenggalek; 16.) Koperasi Siswa SMKN 1 Pasuruan, dari Kota Pasuruan; 17.) Koperasi Siswa SMAN 1 Tongas, dari Kab. Probolinggo; 18.) Koperasi Ria Air SMAN 1 Maospati, Kab. Magetan; 19.) Koperasi Siswa SMP SMA ISPA, dari SMA Islam Parlungan, Kab. Sidoarjo; 20.) Koperasi Siswa Melati, dari SMAN 1 Talun Kab. Blitar.

Ke-20 Koperasi Siswa ini selanjutnya akan melalui tahap presentasi dan penjurian di hadapan peserta lainnya dan dewan juri yang terdiri dari 1.) Denok Warsiyati, dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur; 2.) Atik Purmiyati, dari FEB UNAIR, dan 3.) Anis Saadah, Managing Director ICCI.  Adapaun durasi waktu untuk presentasi yaitu sebanyak 10 menit untuk masing-masing peserta yang terbagi menjadi 5 menit awal untuk presentasi business plan, dan 5 menit berikutnya untuk tanya jawab dengan dewan juri.

Setelah melalui tahap penjurian maka didapatkan nama-nama pemenang Lomba Koperasi Siswa Tahun 2023 sebagai berikut : Juara 1.) Koperasi Siswa Modern Bina Cendekia yang bermitra dengan PLUT K-UMKM dan Grab untuk pengembangan usahanya serta membuka layanan pesan antar bernama Shakira's Delivery, dari MAN 2 Tulungagung-dengan nilai 510; Juara 2.) Koperasi Siswa Maju Sejahtera dengan business plan Koperasi Digital dengan Produk Kreasi Siswa melalui SMADACOP-dari SMAN 2 Lamongan dengan nilai 498; dan Juara 3.) Koperasi Ganesha dengan business plan pengolahan Nasi Bakar Ikan Tongkol-dari SMAN 1 Situbondo, dengan nilai 493. (Tim Pbl, 04/07/2023)

Selamat dan sukses untuk para pemenang....