Guna Meningkatkan Pembinaan PKL Pansus II DPRD Kabupaten Nganjuk Kunjungi Diskop UKM Jatim


Tanggal : 14 Juni 2023       Kategori : Berita

Sidoarjo-Bertempat diruang pertemuan Aria Wirjaatmadja pada hari Rabu (14/06), Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur menerima kunjungan 22 orang anggota Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Kabupaten Nganjuk. Kunjungan ini dipimpin oleh Ulum Basthomi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk.

Mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim (Diskop UKM Jatim) menerima kunjungan ini adalah Sekretaris Dinas-Veronica Ratih Murwani dengan didampingi oleh perwakilan dari Bidang Teknis di lingkungan Diskop UKM Jatim. Ulum Basthomi mengatakan bahwa maksud dan tujuan kedatangannya beserta rombongan adalah untuk berdiskusi terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang sedang disusun oleh DPRD Kabupaten Nganjuk.

Ratih menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini Diskop UKM Jatim belum pernah menangani terkait penataan PKL, walaupun pernah ada audiensi dengan perwakilan PKL namun itu lebih kepada permintaan para PKL untuk dilibatkan pada pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh Diskop UKM Jatim, "secara khusus kami belum pernah menangani PKL, namun jika itu wadahnya dalam bentuk Koperasi maka secara otomatis menjadi kewenangan kami", kata Ratih.

Lebih lanjut Ratih mengatakan bahwa bentuk support Diskop UKM Jatim kepada PKL adalah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi  OPD,"banyak kegiatan pelatihan, pendampingan dan pembinaan bagi pelaku UMKM yang kami lakukan di Kabupaten/Kota, namun tentunya yang sesuai dengan kewenangan kami, jika terkait dengan penataan tempat yang sekiranya tidak mengganggu kepentingan umum tentunya menjadi kewenangan Kepala Daerah masing-masing untuk mendelegasikan kepada OPD terkait yang dianggap berwenang untuk melakukan penataan dan penertiban", kata Ratih.

Mengenai support Diskop UKM Jatim terhadap para PKL, Ratih mengatakan bahwa pihaknya tidak bekerja sendiri, namun bekerjasama dengan dengan dengan OPD-OPD terkait lainnya di Kabupaten/Kota, "untuk memberikan pembinaan kepada para PKL ini kami berkolaborasi dengan lembaga-lembaga terkait lainnya, seperti Dinas Koperasi dan UMKM Kab/Kota untuk perijinannya, penguatan Kelembagaan usaha Koperasi, dengan Indag setempat untuk penataan PKL dan lain sebagainya, jadi tidak hanya dengan satu OPD saja, tetapi berkolaborasi dengan banyak OPD lain yang terkait dengan PKL", jelas Ratih.

Di penghujung sesi diskusi Ratih berkata bahwa pembinaan terhadap para pelaku UKM menjadi pekerjaan bersama dan kolaborasi lintas sektor, "UKM adalah tanggung jawab bersama, mulai dari Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, dan lembaga-lembaga terkait lainnya, dengan UKM yang kuat dan sejahtera dapat menopang pertumbuhan perekonomian Nasional agar menjadi lebih baik lagi kedepannya", tutup Ratih. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama serta tukar menukar cinderamata antara Diskop UKM Jatim dengan DPRD Nganjuk. (Tim Pbl, 14/06/2023)