Baking Demo Pelatihan Jajan Pasar Cantik dan Minuman Kekinian Penghasil Cuan


Tanggal : 28 Februari 2024       Kategori : Berita

Sidoarjo-Pada Masa kini para pelaku UKM semakin antusias dalam melakukan strategi yang dapat meningkatkan kualitas produk mereka salah satunya yaitu dengan memperhatikan kemasan serta tampilan yang menarik, berlatar belakang dari itu maka Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur berkolaborasi dengan Rose Brand, Bank BPR Jatim, Bank UMKM Jatim cabang Sidoarjo, dan Forum Ekonomi Syariah Jawa Timur pada hari Selasa (28/02) bertempat di Klinik KUKM BDC Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan “Baking Demo” dengan tema “Jajan Pasar Cantik dan Minuman Kekinian Penghasil Cuan”, Yang mana kegiatan di selenggarakan secara offline di Klinik KUKM BCD Jawa Timur degan menghadirkan Juru Masak Chef Dedy Rose Brand Bersama Chef Petrus sebagai pemateri. Peserta yang tergabung dalam kegiatan tersebut -+ 110 peserta diantaranya merupakan para pelaku UKM dari berbagai kota yang ada di Jawa Timur. Even ini terselenggara juga atas sponsor dari amare, wat wet, betet, Cheers, zaitun, UBM Biscuits, Sanex, PT Ne0 Asadhia Indonesia, Bonne, dan ayam geprek top venue Vc prima lestari.
Kita tahu bahwa persaingan dalam hal bisnis saat ini menjadi semakin ketat yang berimbas pada semakin tinggi pula nilai yang di tawarkan oleh suatu produk, hal ini perlu adanya fokus bagaimana agar ada strategi yang menarik dalam upaya memikat konsumen untuk melihat produk kita. Bagaimana kemudian pengemasan yang menarik serta mengolah makanan agar cita rasanya tetap terjaga.
“Memanajemen cita rasa serta penampilan yang bagus dan menarik menjadi salah satu fokus yang perlu di tekankan,  begitu juga ketika kita membuat suatu olahan makanan maka perlu kita rasakan sebelum nantinya lanjut membuat kemasannya”, ujar Chef Dedy. Dengan begitu konsumen akan tertarik dan mencoba produk yang kita buat.
Chef Petrus menyebutkan beberapa strategi yang harus di lakukan oleh para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produknya, diantaranya yakni : 1.) Keindahan, produk yang tampak bagus dan indah akan lebih menarik Konsumen untuk membeli, 2.) Kesegaran, minuman itu harus segar baik Ketika hangat maupun dingin, 3.) Kestandart-an, kita harus memiliki standart yang berbeda dari produk lain, agar orang mudah mengenal produk yang kita tawarkan, 4.) Kenikmatan, suatu produk harus mementingkan cita rasa yang nikmat di dalamnya, 5.) Investasi, kita bisa melakukan investasi maka itu akan menjadi provit dan keuntungan yang kita dapatkan.
Dengan begitu konsumen akan tertarik dan terus membeli produk kita, ketika sudah tau standart cita rasa yang kiata tawarkan bagus. Dalam hal ini ada beberapa point yang bisa di ambil dalam pelatihan kali ini, yang mana dalam sebuah produk sangat di perlukan strategi mana yang dapat menarik konsumen agar mencoba apa yang kita tawarkan. Langkah kedua dengan memastikan cita rasa dalam produk yang kita miliki tetap terjaga, di lain sisi konsumen akan mengingat dengan standart olahan makanan yang kita miliki. Selain itu para pelaku UKM juga tetap melihat trend yang ada sebab semakin berubahnya masa maka akan semakin bersaing baik dalam hal rasa maupun tampilan kemasan yang menarik, perlu adanya ide dan inovasi yang terus berkembang untuk meningkatkan kualitas produk kita agar dapat bersaing dengan produk-produk lainnya. (Tim Pbl, 27/02/2024)