Halal Bihalal Keluarga Besar Diskop UKM Jatim


Tanggal : 17 April 2024       Kategori : Berita

Sidoarjo - Guna mempererat tali silaturahmi serta memperingati Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) menggelar kegiatan Halal Bihalal Keluarga Besar Diskop UKM Jatim pada Rabu (17/04) di Ruang Aria Wiriaatmadja, yang dihadiri oleh Seluruh Karyawan/Karyawati Diskop UKM Jatim serta para Purnabakti yang dulu pernah mengabdi dan berkarya di lingkungan Diskop UKM Jatim. Beberapa mantan Kepala Diskop UKM Jatim juga hadir pada kesempatan ini antara lain A. Mudjib Afan (Mantan Kepala Diskop UKM Jatim Tahun 2014-2015), I Made Sukartha (Mantan Kepala Diskop UKM Jatim Tahun 2015-2017), Mas Purnomo Hadi (Mantan Kepala Diskop UKM Jatim Tahun 2017-2021).
Mantan Diskop UKM Jatim Tahun 2014-2015 -Mudjib Afan, yang mewakili para Purnabakti untuk memberikan sambutan mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala Diskop Jatim dan seluruh Karyawan/Karyawati yang telah mengundang para Purnabakti untuk datang pada acara pagi ini. “Mewakili para purnabakti, kami mengucapkan terimakasih atas undangan yang diberikan, menjadi satu kesan yang tidak terlupakan melihat kekeluargaan yang erat yang hingga saat ini masih dibina oleh Diskop UKM Jatim” ujar Mudjib.
Mudjib berharap para Karyawan/Karyawati dapat terus bersinergi dan berjuang dalam upaya untuk mensejahterakan Koperasi dan para pelaku UMKM yang ada di Jawa Timur,  tak lupa Mudjib berharap kegiatan positif seperti ini dapat terus terlaksana pada tahun-tahun kedepan.
Kepala Diskop UKM Jatim - Andromeda Qomariah dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan Halal Bihalal ini rutin dilakukan oleh Diskop UKM Jatim yang bertujuan untuk menjadi wadah silaturahim antara Karyawan/Karyawati serta Purnabakti di lingkungan Diskop UKM Jatim. Dalam kesempatan ini Diskop UKM Jatim juga mengundang para srikandi ojek online (ojol) perempuan yang menjadi salah satu pilar perekonomian di Jawa Timur untuk bersilaturahim bersama keluarga Diskop UKM Jatim. “Kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan atensi para senior yang telah purnabakti dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, kami berharap para senior dapat terus memberikan masukan serta saran untuk kinerja kita semua agar Diskop UKM Jatim dapat semakin baik, profesional, dan semakin inovatif dalam rangka mensejahterakan Koperasi dan UKM di Jawa Timur” harap Andromeda.
Andromeda juga menjelaskan tentang berbagai inovasi serta program unggulan yang saat ini telah dikerjakan oleh Diskop UKM Jatim, salah satunya adalah pemanfaatan Klinik BDC sebagai tempat untuk memberikan pelatihan packaging bagi para pelaku UMKM guna menciptakan UMKM agar bisa naik kelas, kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap bulannya, selain itu Diskop UKM Jatim juga memberikan konsultasi hukum serta pendampingan hukum untuk para pelaku UMKM. Selain kedua program tersebut, terdapat banyak inovasi serta program yang dirancang serta dilaksanakan oleh Diskop UKM Jatim untuk terus bersinergi dalam mensejahterakan Koperasi dan UMKM yang ada di Jawa Timur.
Kegiatan ini juga diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Anshori Arif, dalam ulasannya Anshori mengatakan dirinya sangat takjub dengan salah satu semboyan Diskop yaitu Bangga Melayani Bangsa, "ketika Allah memberikan karunia maka salah satunya adalah bisa berbakti untuk negara, njenengan tidak semata-mata memikirkan keluarga namun memikirkan umat secara umum, ini berdasarkan hadits nabi yang berkata barang siapa menanam kebaikan maka dia akan mendapatkan nilai kebaikan 10x, dan jika itu diikuti oleh yang lain maka dia akan mendapatkan tambahan nilai dari orang yang mengikutinya", jelas Anshori.
Selanjutnya Anshori menerangkan mengenai pentingnya momen Idul Fitri ini bagi kaum muslim untuk saling bermaaf-maafan dan menghapuskan dosa antara satu dengan lainnya, "Idul Fitri adalah momentum yang sangat luar biasa karena dengan mengucapkan Minal Aidzin Wal Faidzin kepada saudara-saudara kita sesama muslim maka akan terhapus segala kesalahan dan dosa-dosa yang pernah kita lakukan kepada mereka.  Mudah-mudahan momentum ini menjadi titik awal kita terhantarnya ke surganya Allah SWT”, ujar Anshori di penghujung ceramahnya.
Sebagai penutup dan puncak dari rangkaian kegiatan Halal Bihalal ini seluruh Karyawan/Karyawati dan para Purnabakti saling bersalaman keliling satu dengan lainnya untuk bermaaf-maafan atas segala kesalahan dan khilaf yang pernah dilakukan. (Tim Pbl, 17/04/2024)