Pembinaan Mental Spiritual Untuk Wujudkan Aparatur Berintegritas dan Bertakwa


Tanggal : 4 April 2024       Kategori : Berita

Sidoarjo-Dalam rangka peningkatan kinerja sehingga tujuan OPD dapat dicapai dengan berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku sehingga dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat luas serta untuk meningkatkan tali silaturrahmi dan keakraban diantara karyawan/karyawati maka pada hari Rabu (03/04), Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) menggelar kegiatan Pembinaan Mental dan Spiritual yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama. Sebagai penceramah pada kegiatan ini adalah dari Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Akhmad Jazuli.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur - Andromeda Qomariah dalam sambutanya mengatakan bahwa pembinaan mental dan spiritual bagi ASN merupakan hal yang penting dalam  pemerintahan, terutama untuk pembekalan akhlak sumber daya manusia penyelenggara birokrasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka pada kesempatan ini dilaksanakan kegiatan pembinaan mental dan spiritual di lingkungan Diskop UKM Jatim yang diharapkan dapat  mewujudkan lembaga yang siap menuju zona integritas dan birokrasi bersih serta bangga melayani, oleh karena itu Andromeda berharap pembinaan mental dan spiritual ini dapat dilakukan secara intens. “Sebagaimana kita selama ini melaksanakan pengabdian untuk lembaga yang membidangi pelayanan untuk kemajuan ekonomi khususnya ekonomi kerakyatan, yang mana ini tentunya memerlukan birokrasi yang mampu melayani masyarakat dengan baik dan penuh keikhlasan” ujar Andromeda.
Lebih lanjut Andromeda mengatakan bahwa sebaiknya penyelenggara pelayanan publik perlu untuk terus menanamkan nilai-nilai spiritual dalam diri kita agar lebih setia dan memberikan pelayanan secara baik dan penuh keikhlasan,"selain penguatan nilai spiritual untuk mewujudkan zona integritas, kegiatan ini juga merupakan internalisasi pada salah satu area perubahan reformasi birokrasi yaitu terkait dengan managemen perubahan, artinya kita semua perlu melakukan perubahan terhadap pola pikir dan budaya kerja ASN yang salah dan salah satunya dilakukan melalui pendekatan spiritual.
Pada kegiatan inti yaitu siraman rohani yang disampaikan oleh Akhmad Jazuli disampaikan mengenai keistimewaan Bulan Ramadhan serta anjuran untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan beribadah pada bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini. Ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh Akhmad Jazuli pada ceramahnya kali ini, yaitu : 1.) Ramadhan bulan puasa internasional, hal ini karena yang melaksanakan puasa Ramadhan adalah seluruh umat Islam di seluruh penjuru dunia; 2.) Janganlah matian terhadap sesuatu yang tidak bisa dibawa mati, sampai sejauh mana kita akan terus mengejar dunia; 3.) Jika tidak jadi intan berlian maka jadilah air, artinya jika kita tidak bisa jadi intan yang disukai semua orang maka jadilah air yang dibutuhkan semua orang; 4.) Semakin tinggi harga diri maka akan semakin sakit, hal ini karena karena tanggung jawabnya juga semakin besar; 5.) Hidup sederhana menjadi merdeka, karena dengan berpuasa akan melatih kita untuk hidup lebih sederhana; 6.) Dunia untuk menanam akhirat, maknanya kita hidup di dunia cuma sebentar, carilah bekal yang baik sebanyak-banyaknya untuk kehidupan di akhirat yang kekal dan abadi; dan 7.) Jadikan hidup bermanfaat untuk semuanya dan selamat dunia akhirat. Acara kemudian dilanjutkan dengan Sholat Magrib berjamaah dan buka bersama oleh seluruh Karyawan/Karyawati di lingkungan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. (Tim Pbl, 03/04/2024)