Bazaar KUKM Ramadhan 1443 H Dibuka


Tanggal : 19 April 2022       Kategori : Berita

Senin sore (18/4) Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jawa Timur berkolaborasi dengan PT. Amara Satu Raya menyelenggarakan kegiatan Bazaar Ramadhan 1443 H yang berlangsung hingga tanggal 20 April 2022 bertempat di Halaman Dinas. Peserta Bazaar berasal dari 13 Asosiasi KUKM yang menyertakan 2-4 UKM anggotanya dan membawa produk unggulan, 6 OPD – Organisasi Perangkat Daerah yang menyertakan 2-3 UKM Binaan, Bank Jatim dan Bank UMKM Jawa Timur. Turut serta berpartisipasi OJK – Otoritas Jasa Keuangan, Bank BNI, PT. Telkom Indonesia, SRC (Sampoerna Retail Community) PT. H.M. Sampoerna dan Lawang Agung.

Rangkaian kegiatan Bazaar Ramadhan diawali dengan LiveShopping dari Tokopedia dan pemberian Penghargaan kepada Tokoh  Muda Penggerak UKM, yaitu: Tomly Wafa - CEO Handmade Shoes Surabaya dan Ketua HIMPI Jatim Rois Sunandar Maming - Ketua HIMPI Jatim bertempat di Ruang Aria Wirjaatmadja.

Pembukaan Bazaar Ramadhan dihadiri Asisten Administrasi Umum dan Pembangunan – Sjaichul Ghulam, Kepala OPD/Perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Prov. Jawa Timur, Kanwil Kemenag Jawa Timur, IWAPI Jawa Timur, HIPMI Jatim, KADIN Jatim, GASPOL, AHJ, Gojek, Muslimat NU, Fatayat NU, PERSANA, PERSADIR, PERABA, PERWIRA, APMMJ, APKLI.

Dalam Laporannya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jawa Timur – Andromeda Qomariah menyampaikan Maksud diselenggarakannya Bazaar Ramadhan ini, yaitu dalam rangka menyambut Hari Kartini, menyemarakkan Ramadhan dan menyambut Idul Fitri dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan bertujuan memberikan stimulus berbisnis bagi KUMKM, membangkitkan pekonomian Jawa Timur setelah pandemi terutama menyediakan kebutuhan bahan pokok dan memfasilitasi UKM perempuan”, ujar Andromeda. "Kegiatan Bazaar pada tanggal 18 April berlangsung dari pukul 14:00-20:00 WIB, kemudian pada tanggal 19 – 20 April 2022 berlangsung pada pukul 10:00-16:00 WIB", lanjut Andromeda.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan setiap hari selama pelaksanaan Bazaar antara lain pembagian takjil, subsidi sembako, dan penukaran uang baru. " ada pembagian Takjil sebanyak 500 (Lima Ratus) paket perhari bagi masyarakat yang melintasi Kantor Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jawa Timur, kemudian ada kegiatan subsidi 100 (Seratus) paket  Sembako per hari dari harga Rp. 75.000 (Tujuh Puluh Lima Ribu) menjadi Rp. 50.000 (Lima Puluh Ribu) kepada masyarakat disekitar Kantor Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, lalu kami juga memfasilitasi penukaran uang baru yang disediakan oleh Bank Jatim”, pungkas Andromeda.

Sjaichul Ghulam membacakan Sambutan Gubernur Jawa Timur – Khofifah Indar Parawansa yang menyampaikan, bahwa kegiatan Bazaar Ramadhan ini merupakan momen tepat menyambut Hari Kartini, menyemarakkan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri yang biasanya diiringi peningkatan konsumsi. Maka dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat, memulihkan perekonomian Jawa Timur dan meningkatkan bangga buatan produksi dalam negeri dengan membeli dan memakai produk buatan Jawa Timur utamanya bagi kalangan muda.

“Model marketing seperti ini perlu terus dikembangkan dengan inovasi-inovasi baru yang menarik di masa depan, sehingga KUMKM dapat menjual produk, mendapatkan knowledge untuk mendukung peningkatan kualitas produksi, administrasi keuangan, manajemen dan pengembangan pasar melalui digitalisas”, pesan Gubernur Jawa Timur.

Recover together, recover stronger”, merupakan tema Presidensi G20 Indonesia 2022. Tema tersebut bisa dimaknai untuk mengajak seluruh dunia bahu membahu, saling mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan sehingga tidak menimbulkan gab yang lebih besar antara negara maju dengan negara berkembang”, pesan selanjutnya.

Program spesial Hari Kartini diselenggarakan beberapa Pelatihan: Sosialisasi Literasi Keuangan untuk KUKM (OJK); Kelas Maju Digital Jawa Timur (Tokopedia); Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi dan Manajerial dalam Menghitung HPP. (Tim pbl, 19/04/2022)