Capacity Bulding SDM Aparatur Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur


Tanggal : 10 Maret 2024       Kategori : Berita

Malang - Dalam rangka meningkatkan kapasitas individu, unit kerja dan organisasi dalam mencapai tujuan dan visi misi organisasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang telah diatur dalam undang-undang, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas yang diikuti oleh seluruh pejabat administrator, pejabat pengawas, pejabat fungsional, pelaksana dan seluruh karyawan/karyawati Diskop UKM Jatim selama dua hari pada hari Jumat s/d Sabtu tanggal 8-9 Maret 2024 bertempat di Hotel Ijen Suites Kota Malang.
Tujuan diselenggarakanya dari acara Peningkatan Kapasitas SDM Aparatur ini adalah untuk memperkuat kemampuan individu ataupun organisasi dalam menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk mengatasi masalah atau kebutuhan yang akan dihadapi bersama. Kapasitas yang dimaksud dalam Capacity Bulding ini antara lain: 1) Meningkatkan kapasitas dan keterampilan pegawai; 2)Meningkatkan efektivitas pegawai; 3)Meningkatkan keberlanjutan organisasi; 4) Meningkatkan dukungan dan kolaborasi antar unit kerja.
Memberikan arahanya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur - Andromeda Qomariah mengatakan agar sebuah organisasi dapat berkembang dan dapat terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan, Peningkatan Kapasitas SDM menjadi keniscayaan yang harus dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan. Kunci keberhasilan pencapaian kinerja adalah Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang terdapat pada suatu organisasi. Sumber daya manusia mempunyai peran utama untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan organisasi, tanpa dukungan sumber daya manusia yang handal dan profesional kegiatan organisasi tidak akan berjalan maksimal.
“Diskop UKM Povinsi Jatim sebagai organisasi yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas usaha K-UKM mulai hulu ke hilir berbasis digital, kegiatan bimtek dan banyak kegiatan lainya, maka dari itu kita dituntut untuk terus mengoptimalkan kualitas SDM kita agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan salah satu upaya adalah dengan menyelenggarakan kegiatan Capacity Bulding seperti hari ini”, terang  Andromeda terkait pentingnya pelaksanaan kegiatan ini.
Andromeda juga mengatakan bahwa pentingnya membagi waktu kerja dengan kegiatan yang lain, bekerja boleh optimal namun ibadah juga tidak boleh dilupakan. Harus ada keseimbangan dalam menjalani kehidupan, dengan juga mengoptimalkan kegiatan positif lain maka pekerjaan akan bisa tuntas dan secara totalitas dalam membangun karya melebihi panggilan jiwa sehingga kita semua dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Agar sebuah organisasi dapat berkembang dan dapat terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan maka peningkatan kapasitas harus dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan.
Menurut Andromeda terdapat tiga indikator yang dapat mempengaruhi Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) antara lain pendidikan, pelatihan, dan pengalaman. “Peningkatan kapasitas dapat di desain untuk memperkuat kemampuan pegawai dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi masing masing agar setiap bagian dapat memahami apa yang seharusnya dilakukan demi tercapainya pelayanan yang lebih baik dan berkualitas”, imbuh Andromeda.
Dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas ini panitia menghadirkan beberapa narasumber antara lain dari Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur - Ekky Dyza Suryanegara yang memberikan materi tentang “Peraturan Gubernur Jatim No 71,72,dan 92 tahun 2023 serta Kepgub tentang Insentif Koordinator/Ketua Tim Kerja”, narasumber kedua yang berasal dari LPKP Jawa Timur - Suti’ah dengan menyampaikan materi paparan  “Gender, Revitalisasi dan Pengarusutamaan Gender” yang memberikan pemaparan tentang pentingnya Pengarusutamaan Gender yang dilakukan di lingkungan kerja, isu gender dalam perencanaan dapat dilakukan untuk menurunkan kesenjangan peran antara laki dan perempuan dalam aspek ekonomi serta sarana dan prasarana yang responsif gender juga penting dipertimbangkan karena merupakan bagian dari strategi pengarusutamaan gender. Sedangkan narasumber terakhir adalah Tino Salim (Trainer, Motivator, Strategy Coach) sebagai Motivator memberikan beberapa tips antara lain dua kunci utama menjadi tim player yang baik adalah: Karakter dan Kompetensi dan hal yang harus dimiliki dalam menciptakan karakter tim player adalah: Kepercayaan, komitmen tujuan bersama, keterbukaan, komunikasi, keseimbangan dalam bekerja, kurangi ego pribadi dan ketulusan untuk memaafkan. (Tim Pbl, 09/03/2024)