Diskop UKM Jatim Raih Predikat Sangat Memuaskan Berdasarkan Hasil Pengawasan Kearsipan Internal Tahun 2023


Tanggal : 20 Maret 2024       Kategori : Berita

Surabaya - Prestasi gemilang kembali diraih oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, kali ini melalui even Ekspose Hasil Pengawasan Kearsipan Internal dan Eksternal Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur di Hotel Vasa-Surabaya (20/03), selanjutnya pula diterima penghargaan dari PJ Gubernur Jawa Timur sebagai OPD Provinsi Jawa Timur peringkat 2 terbaik yang memperoleh kategori AA (sangat memuaskan) berdasarkan hasil pengawasan kearsipan internal Tahun 2023.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur-Andromeda Qomariah hadir secara langsung untuk menerima penghargaan yang diserahkan oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur-Akhmad Jazuli. Dalam sambutanya Jazuli mengatakan bahwa dirinya yang ditugaskan untuk mewakili Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur merasa bersyukur dan bangga kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur yang telah istiqomah atau terus menerus dalam melakukan pembinaan kearsipan kepada perangkat daerah di Provinsi Jawa Timur. Pada kesempatan ini Jazuli juga menyampaikan apresiasi kepada semua yang hadir dan yang mendapatkan penghargaan sangat memuaskan maupun yang belum mendapatkan hasil yang memuaskan. “Dengan kehadiran Bapak/Ibu dalam acara ini menunjukkan kepedulian kita semua  terhadap pentingnya kearsipan dalam suatu organisasi”, ujar Jazuli
Selanjutnya Jazuli menyampaikan tentang tujuan kearsipan yang mengacu pada UU Nomor 43 tentang tujuan kearsipan diantaranya adalah 1.) Menjamin terciptanya ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya, 2.) Menjamin perlindungan kepentingan negara dan hak hak perdataan rakyat melalui pengelolaan dan pemanfaatan arsip yang autentik dan terpercaya, 3.) Meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pengelolaan dan pemanfaatan arsip yang autentik dan terpercaya. “Arsip adalah hal yang sangat penting, karena ketika terjadi problem atau masalah khususnya masalah hukum penting sekali keberadaan arsip yang dapat membantu dalam penyelesaian masalah yang dihadapi, sehingga pengelolaan arsip yang baik adalah tanggung jawab semua pihak baik tenaga fungsional Arsiparis maupun Karyawan/Karyawati di setiap OPD”, imbuh Jazuli. Mengakhiri sambutanya Jazuli mengingatkan agar pengelolaan kearsipan harus ditingkatkan, faktor SDM pengelola kearsipan juga perlu diperhatikan diperlukan  adanya pejabat dan pengelola arsip yang memiliki kualitas kopeten, teliti, dan ulet sehingga hasil kinerja nya dalam mengelola kearsipan dapat berjalan dengan baik.
Berikut ini adalah OPD yang mendapatkan penghargaan pada Ekspose Hasil Pengawasan Kearsipan Internal Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 dengan kategori AA (sangat memuaskan) : 1.) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dengan nilai 93,35; 2.) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur dengan nilai 91,72; 3.) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dengan nilai 91,65; 4.) RSUD Haji dengan nilai 91,08; dan 5.) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dengan nilai 90,99, serta beberapa OPD lainnya yang mendapatkan penghargaan dengan kategori A (memuaskan).
Dalam acara ini juga dilakukan penyampaian materi oleh Zita Asih Suprastiwi-Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan yang menyampaikan materi tentang Pengawasan Kearsipan Tahun 2024, Diyah Kuswardani-Arsiparis Ahli Madya Dinas Perpustakan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dengan materi Review Pengawasan Kearsipan Internal (OPD) dan Eksternal (LKD) Tahun 2023, dan penyampaian materi tentang Sultan Ardi atau Konsultasi Penataan Arsip Dinamis kegiatan yang dilakukan dengan memberikan konsultasi dan informasi terkait dengan sistim penataan, pemeliharaan, pengamanan dan penyusutan arsip bagi setiap Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Timur. (Tim Pbl, 20/03/2024)