Jaring Aspirasi dan Optimalkan Masukan Anggota Melalui RAT


Tanggal : 2 April 2024       Kategori : Berita

Sidoarjo - Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Manunggal Karya Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Provinsi Jawa Timur menggelar acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2023 pada Senin (01/04) di Ruang Aria Wiriaatmadja. Acara ini dihadiri oleh seluruh jajaran Eselon III, Pejabat Fungsional dan Widya Iswara di lingkungan Diskop UKM Jatim dan jajaran pengurus dan pengawas serta seluruh anggota KPRI Manunggal Karya.
Ketua KPRI Manunggal Karya - Achmad Rizadi menyampaikan laporan kinerja usaha KPRI Manunggal Karya selama tahun 2023, Achmad menyebutkan secara umum pada tahun 2023 kinerja usaha KPRI Manunggal Karya telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan kinerja usaha pada tahun buku 2022. Dari segi aset, tercatat terdapat kenaikan sebesar 4,93?ri Rp. 3,35 milyar di tahun 2022 menjadi Rp.3,52 milyar di tahun 2023. Kemudian dari pendapatan usaha pada tahun 2023 meskipun mengalami penurunan sebesar 5,94?ri tahun 2022 namun karena beban koperasi juga menurun 4,58?ri tahun 2022 sehingga Sisa Hasil Usaha (SHU) bisa meningkat 26,21% di tahun 2023. “Dengan pencapaian yang cukup positif di tahun 2023 tersebut, tentunya patut kita syukuri bersama mengingat menurut laporan Badan Pusat Statistik yang menyebutkan bahwa ekonomi Indonesia tahun 2023 tumbuh sebesar 5,05 persen, lebih rendah dibanding capaian tahun 2022 yang mengalami pertumbuhan 5,31 persen”, papar Achmad.
Selanjutnya dengan semakin berkembangnya tingkat persaingan usaha koperasi di era digitalisasi saat ini tentunya memerlukan inovasi dan inisiasi dari KPRI Manunggal Karya agar tetap bisa eksis dan bertahan secara kelembagaan dan usahanya. Untuk itu pada tahun 2024 ini KPRI Manunggal Karya berupaya untuk melakukan perluasan asset diluar kantor serta mengupayakan variasi produk USP Koperasi sesuai dengan kebutuhan anggota.
Kepala Diskop UKM Jatim - Andromeda Qomariah memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi RAT KPRI Manunggal Karya tutup buku Tahun 2023 memberikan apresiasi setinggi - tingginya kepada pengurus, pengawas, dan anggota KPRI Manunggal Karya yang telah melaksanakan RAT Tutup Buku Tahun 2023 secara tepat waktu. Sebagaimana diamanahkan dalam UU No.25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian Pasal 26 dan Permenkop No.19 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Rapat Anggota Koperasi Pasal 7 Ayat 5 menyebutkan bahwa: A) Rapat anggota dilakukan paling sedikit dalam 1 (satu) tahun dan; B) RAT dilaksanakan paling lambat 6 bulan setelah tutup buku. “penyelenggaraan RAT secara tepat waktu ini sangat penting Bapak/Ibu, mengingat bahwa kita selaku pembina Koperasi dan UKM di Jawa Timur tentunya wajib memberikan teladan bahwa kita bisa mewujudkan pelaksanaan RAT secara tepat waktu", cetus Andromeda.
Orang nomor satu di lingkungan Diskop UKM Jatim ini juga berharap selain mengesahkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pengurus dan pengawas tutup buku Tahun 2023, terdapat adanya masukan dan ide-ide brilian dari para peserta dalm upaya meningkatkan kesejahteraan anggota dan peningkatan kinerja KPRI Manunggal Karya dimasa mendatang. “saya tekankan jangan melaksanakan RAT hanya untuk menggugurkan kewajiban, manfaatkan forum ini untuk mencermati laporan pertanggung jawaban, menggali ide dan sharing program untuk pengembangan KPRI Manunggal Karya. Karena setiap anggota mempunyai hak yang sama dalam menyuarakan ide-ide untuk kemajuan KPRI Manunggal Karya”, ujar Andromeda di penghujung sambutanya.
Pada kesempatan ini pula Andromeda dengan didampingi oleh Sekretaris Dinas serta Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan juga melakukan launching aplikasi “SAKTI” yang merupakan aplikasi yang akan digunakan pada Usaha Simpan Pinjam (USP) KPRI Manunggal Karya dalam meningkatkan kinerjanya dengan metode merangsang keaktifan anggota dalam mengakses USP KPRI Manunggal Karya.
Untuk memberikan apresiasi kepada para anggota yang telah memakmurkan kegiatan usaha koperasi pada momen ini pula dilakukan penyerahan penghargaan kepada 3 orang anggota KPRI Manunggal Karya dengan kategori teraktif, antara lain Imam Hamadi Wijaya dari Bidang Kelembagaan dan Pengawasan, Noer Hidayati dari Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha, dan Eni Widayati dari Bidang Pemasaran. (Tim Pbl, 01/04/2024)