Kurasi Produk UKM Berorientasi Ekspor


Tanggal : 9 Juni 2023       Kategori : Berita

Juanda, Sidoarjo-Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur kembali menyelenggarakan “Kurasi Produk UKM Berorientasi Ekspor” bertempat di Ruang Aria Wirjaatmadja pada Kamis (8/6) diikuti 50 UKM di Jawa Timur yang terbagi dalam 2 sesi kegiatan.

Mewakili Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha-Susanti Widyastuti mendampingi Direktur Rumah Kurasi Jawa Timur-Setyohadi sebagai Nara sumber.

Mengawali acara, Ratnaningsih-Analis Kebijakan Ahli Muda menyampaikan Laporan, bahwa Kurasi Produk UKM Jawa Timur ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan berbagai produk UKM berorientasi ekspor agar dapat mengakses pasar potensial dalam dan luar negeri. “Pendaftar melalui link yang tersedia di media sosial Dinas tercatat 167 UKM dan dipilih 50 UKM yang mengikuti kurasi hari ini”,ungkap Ratna.

“Adapun tujuan diselenggarakannya kurasi adalah untuk menjamin setiap produk memenuhi standar mutu dan kelayakan produk bagi konsumen serta tepat dan baik untuk produk ekspor”, Ratna jelaskan.

Membacakan Sambutan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Susi sampaikan “memberikan apresiasi kepada pelaku usaha kecil dan menengah yang telah memberikan atusiasme yang besar dan berpartisipasi dalam kegiatan kurasi pagi ini”.

“Kegiatan ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan peran pelaku Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dalam mendukung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi nasional serta mendorong Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri–P3DN. Dalam rangka merespon program pemerintah tersebut, maka diperlukan stimulus bagi UKM menjadi usaha yang tangguh dan mandiri serta memberikan perluasan kesempatan berusaha. Untuk itu dilaksanakan kegiatan kurasi produk UKM berorientasi ekspor untuk menilai kualitas, standardisasi produk dan mengklarifikasi sehingga menjadi pertimbangan sebagai dasar pemberian fasilitas yang tepat sesuai kewenangan yang ada”, lanjut Susi.

“Data BPS Tahun 2022 mencatat berdasarkan provinsi asal barang ekspor, Jawa Timur termasuk provinsi  terbesar ketiga dengan nilai 22,87 Milliar Dollar - 8.53 persen total ekspor nasional. Dengan besarnya volume ekspor produk Jawa Timur ini merupakan peluang untuk dapat berkompetisi di pasar global, sehingga dapat meningkatkan daya saing komparatif dan kompetitif terhadap produk UKM”, ungkap Susi mengakhiri Sambutan.

50 Peserta Kurasi terdiri dari UKM produk makanan, minuman, kriya dan fesion. Mereka berasal dari 20 Kabupaten/Kota di Jawa Timur: Malang, Blitar, Pacitan, Madiun, Trenggalek, Kediri, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Pasuruan, Ponorogo, Bangkalan, Magetan, Tulungagung, Situbondo, Jember, Banyuwangi, Jombang dan Bondowoso. (Tim pbl,09/06/2023).