Semarakkan Ramadhan 1445 H Diskop UKM Jatim Gelar Pasar Murah dan Bazar Ramadhan


Tanggal : 2 April 2024       Kategori : Berita

Dalam rangka menyemarakkan bulan Ramdhan 1445 H serta menyambut Hari Raya Idul Fitri dimana permintaan kebutuhan bahan pokok selalu meningkat, Dinas Koperasi,Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM Jatim) menggelar acara Pasar Murah dan Bazar Ramadhan yang diselenggarakan pada Senin (01/04) bertempat di halaman kantor Diskop UKM Jatim. Kegiatan ini diselenggarakan mulai jam 09.00 hingga 16.00 WIB yang menyediakan sembako dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran, aneka produk UMKM binaan Diskop UKM Jatim, dan didukung hiburan dari SMESCO Band. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur - Andromeda Qomariah hadir secara langsung membuka kegiatan mengatakan bahwa setiap datangnya Bulan Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri, umat Islam memerlukan makanan siap santap untuk keperluan sahur dan berbuka selama menjalankan ibadah puasa, bahan pokok untuk keperluan pribadi selama Bulan Ramadhan dan Zakat, serangkaian parcel dan hampers untuk diberikan kepada orang terkasih serta kebutuhan-kebutuhan lain yang terus meningkat selama Bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri, fenomena ini tentunya dapat menciptakan peluang bisnis yang besar bagi para pelaku UMKM.
Tingginya permintaan masyarakat akan kebutuhan-kebutuhan di Bulan Ramadhan berkaitan dengan bergeraknya ekonomi lokal Jawa Timur, pola kebutuhan dan permintaan masyarakat dari tahun ke tahun dapat dipelajari sebagai dasar Forecasting/perkiraan kebutuhan pada tahun yang akan mendatang. “Melalui Pasar Murah dan Bazar Ramadhan ini, kami berharap para pelaku UMKM Jawa Timur dapat melihat peluang dan pola yang ada di masyarakat sehingga produk yang dijual sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat”, pesan Andromeda.
Pada kesempatan ini pula Andromeda menyampaikan terima kasih kepada Bank UMKM Jawa Timur yang telah memberikan sponsorship dan layanan kepada para pelaku UMKM yang memerlukan layanan perbankan. Apresiasi selanjutnya disampaikan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur yang telah berpartisipasi menyediakan bahan pokok murah. Partisipasi aktif dari para Stakeholder, Badan, Lembaga, dan Masyarakat yang telah berperan untuk mensukseskan kegiatan ini. Diharapkan pada kegiatan ini masyarakat dapat terbantu dengan adanya sembako dan aneka produk-produk UMKM yang tersedia dengan harga yang lebih bersahabat, keuntungan yang diharapkan dapat diperoleh oleh para pelaku UMKM melalui kegiatan ini diantaranya adalah dapat meningkatkan kualitas produk, peningkatan volume penjualan, serta pengembangan jaringan pemasaran. (Tim Pbl, 01/04/2024)