Ingin Perdalam Wawasan Tentang Koperasi dan UKM Mahasiswa Institut Al Fithrah Kunjungi Diskop UKM Jatim


Tanggal : 9 September 2024       Kategori : Berita


Sidoarjo – Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) pada Senin pagi (09/09) menerima kunjungan istimewa dari rombongan mahasiswa Institut Al Fithrah Surabaya. Kunjungan studi lapang ini menjadi ajang diskusi dan pembelajaran interaktif, terutama dalam memperdalam pemahaman mengenai peran Koperasi dan UKM dalam membangun perekonomian Jawa Timur. Studi tour yang diikuti oleh 28 orang mahasiswa Manajemen Pendidikan Tarbiyah ini didampingi oleh Pratama Surya Bagus Kusuma-Dosen mata kuliah Edupreneur.
“Pada kesempatan ini kami ingin mempelajari tentang bagaimana konsep dasar tentang koperasi, bagaimana pendiriannya dan kenapa harus koperasi, apa kelebihan koperasi dan bagaimana koperasi itu bisa diimplementasikan dalam lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan Islam yang akan dikelola oleh para adik-adik mahasiswa ini ketika sudah lulus kuliah dan kembali ke daerahnya masing-masing”, ujar Bram-sapaan akrab Pratama Surya Bagus Kusuma.
Mewakili Kepala  Diskop UKM Jatim untuk memberikan sambutan dan arahan adalah adalah Perencana Ahli Muda-Arina Nur Fauziyah yang memaparkan materi tentang Strategi Pemberdayaan Koperasi dan UMKM dalam struktur ekonomi Jawa Timur. “Kami bangga dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan adik-adik mahasiswa Institut Al Fithrah yang bersemangat mempelajari sektor ini‘‘, kata Arina.
Pada kunjungan ini mahasiswa Institut Al Fithrah tidak hanya mendengarkan paparan materi, tetapi juga aktif berdiskusi dan bertanya seputar tantangan dan peluang di sektor Koperasi dan UMKM. Salah satu topik yang menarik perhatian adalah bagaimana koperasi bisa diimplementasikan secara efektif dalam lingkungan pendidikan, khususnya di Institut Al Fithrah. ‘‘Kami mengajak Institut Al Fithrah untuk terus mengembangkan unit-unit usaha koperasi di lingkungan kampus. Dengan adanya dukungan dan bimbingan dari dinas terakit konsultasi kemasan, merek, maupun konsultan hukum,‘‘ tambah Pranata Humas Ahli Muda-Arief Setiawan..
Kunjungan ini tidak hanya menjadi ajang belajar, tetapi juga kesempatan untuk membangun sinergi antara dunia pendidikan dan sektor koperasi. Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur mengapresiasi antusiasme luar biasa mahasiswa Al Fithrah dan berharap kunjungan ini bisa menjadi awal dari kolaborasi yang lebih intens di masa depan. Menutup kunjungannya pada hari ini para mahasiswa Institut Al Fithrah berkeliling ke gedung galeri batik dan cinderamata serta galeri makanan dan minuman yang berada di kawasan kantor Diskop UKM Jatim untuk melihat-lihat produk unggulan Jawa Timur yang di display di kedua galeri tersebut
Melalui kunjungan ini diharapkan mahasiswa Institut Al Fithrah mendapatkan inspirasi dan ide-ide kreatif untuk mengembangkan koperasi di kampus mereka serta menambah wawasannya mengenai Koperasi dan UKM yang tentunya akan sangat bermanfaat sebagai bekal dalam menghadapi masa depannya kelak. (Tim Pbl, 09/09/2024)