Momen Haru dan Hangat Warnai Pisah Sambut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur


Tanggal : 31 Agustus 2024       Kategori : Berita

Sidoarjo, 30 Agustus 2024 — Ruang Rapat Wiriaatmadja Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur menjadi saksi bisu acara pisah sambut Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) dari Iwan kepada Endy Alim Abdi Nusa.  Acara yang mengusung tema "Selamat Mengemban Amanah Baru" ini dihadiri oleh jajaran eselon 3, eselon 4, para pejabat fungsional, seluruh Karyawan/Karyawati Diskop UKM Jatim, serta beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
Kegiatan ini dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur yang lama-Iwan yang mengucapkan terima kasih dan memuji Kepala Diskop UKM Jatim yang baru-Endy Alim Abdi Nusa, yang disebutnya sebagai "mentor dalam segala bidang". Ia menyoroti hobi olahraga Endy-sapaan akrab Endy Alim Abdi Nusa yang luar biasa, mulai dari tenis hingga sepak bola. Iwan juga mengenang masa-masa kerja bersama Endy di berbagai kesempatan dan menekankan pentingnya kerja sama tim dalam memajukan perekonomian Jawa Timur, terutama di sektor UKM. "Kami akan bersama-sama mengawal Ekonomi Jawa Timur ke depannya", ujar Iwan. Di akhir sambutannya tak lupa Iwan mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Endy serta meminta maaf kepada keluarga besar Diskop UKM Jatim atas segala kekhilafan selama menjalankan tugas sebagai Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM.
Acara kemudian berlanjut ke momen Endy Alim Abdi Nusa selaku kepala Diskop UKM yang baru untuk memperkenalkan dirinya beserta istri, Endy yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur mengawali sambutannya dengan menyampaikan terima kasih atas sambutan yang luar biasa baik dari keluarga besar Diskop UKM Jatim. Endy menyampaikan bahwa meskipun dirinya tidak memiliki latar belakang di bidang koperasi, ia berharap dapat belajar banyak dari para staf serta bekerja sama untuk memajukan ekonomi Jawa Timur melalui UKM.
Endy lalu menyoroti pentingnya keterlibatan dan kedekatan antara pimpinan dengan staf, seperti yang telah dicontohkan oleh Iwan sebagai pimpinan sebelumnya. "Saya akan terus belajar bersama teman-teman semuanya dan ingin mencontoh pak Iwan yang bisa begitu dekat dengan staf-stafnya, berat memang karena urusan Kepala OPD itu banyak sekali, namun pak Iwan dengan luar biasa mampu menyempatkan waktunya untuk selalu bisa mendahulukan kepentingan kantor, contoh untuk olahraga bersama, pak Iwan selalu bisa meluangkan waktunya untuk olahraga bersama jajarannya, ini keliatannya sederhana sekali namun sangat penting untuk mengasah kebersamaan, hal itulah yang akan berusaha saya contoh dan lakukan disini", kata Endy.
Prosesi sertijab dilanjutkan dengan penyerahan buku memori serah terima jabatan dari Iwan kepada Endy yang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan Diskop UKM Jatim-Wulandari Andrio Himawan kepada Ratna Iwan, dan selanjutnya kepada Anna Endy Alim.
Acara kemudian berlanjut ke momen simbolis penyerahan buket bunga oleh Kepala Dinas yang baru kepada Wulandari Andrio Himawan, Ratna Iwan, dan Anna Endy Alim sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih.  Acara pisah sambut ini juga diwarnai dengan pemberian cinderamata kepada Iwan oleh Sekretaris Diskop UKM Jatim-Veronica Ratih Murwani yang didampingi oleh para Kepala Bidang. Hal ini sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi dan kontribusi Iwan selama menjabat sebagai Plt Kepala Diskop UKM Jatim.
Momen haru sekaligus gembira pun tercipta saat pemotongan tumpeng dilakukan oleh Iwan dan diserahkan kepada Endy Alim Abdi Nusa, sebagai simbolisasi peralihan kepemimpinan. "Alhamdulillah, terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya selama ini, saya yakin di bawah kepemimpinan pak Endy, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur akan semakin maju dan berkembang”, tandas Iwan di ujung acara.
Acara ditutup dengan penuh keakraban dan kekeluargaan, mencerminkan semangat kolaborasi dan persatuan di lingkungan keluarga besar Diskop UKM Jatim. Dengan berakhirnya acara ini, dimulailah babak baru bagi Diskop UKM Jatim di bawah kepemimpinan  Endy Alim Abdi Nusa. (Tim Pbl, 30/08/2024)