Peningkatan Kualitas Produk OPOP


Tanggal : 10 Desember 2019       Kategori : Berita

Pesantren adalah institusi yang punya rekam jejak panjang dalam mendidik umat. Pesantren menjadi entitas kuat yang tak hanya bisa menjadi pilar pendidikan umat, tapi juga berpotensi menggerakkan ekonomi umat. Agar mampu berdaya saing produk-produk UKM di Pondok Pesantren perlu didukung dengan peningkatan kualitas produk yang baik dan berdaya saing.

Untuk itu dengan bertempat di Hotel Wisata Camplong, Sampang Madura, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur pada tanggal 5-6 Desember 2019 mengadakan kegiatan Peningkatan Kualitas  Produk One Pesantren One Product (OPOP). Kegiatan ini dibuka oleh Isnaningsih, S.E., M.A, Analis Mutu Produk dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutan Kepala Dinas yang disampaikan oleh Isnaningsih, Kepala Dinas berpesan bahwa kebanggan masyarakat akan barang-barang produksi nasional perlu dipupuk, karena mampu/tidaknya produk suatu bangsa diterima oleh masyarakat dan eksis pada suatu lingkungan dipengaruhi oleh kesadaran dan kemauan masyarakat untuk menerima dan menggunakan barang-barang produksi bangsanya sendiri. “Produk-produk Pesantren Jawa Timur tidak kalah dengan BRAND terkenal, hanya saja masyarakat kita Under Estimate terhadap produk lokal karena mereknya belum terkenal”, demikian ujar Isnaningsih.

Lebih lanjut Isnaningsih menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta untuk meningkatkan kualitas produk dari pondok pesantren. Sehingga dengan meningkatnya daya saing produk KUKM  diharapkan mampu meningkatkan omset penjualan yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan peningkatan kedudukan dan peran KUKM khususnya Pondok Pesantren dalam memajukan perekonomian di Jawa Timur dan Nasional . (Tim Pbl)