Workshop Desain Produk


Tanggal : 18 September 2019       Kategori : Berita

Di era globalisasi persaingan dalam dunia usaha dan perubahan selera konsumen sangatlah cepat dan ketat sehingga menuntut semua pelaku ekonomi bekerja keras untuk menghadapi persaingan dan mampu melihat peluang usaha yang ada dengan memantapkan jaringan usaha dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, oleh karena itu Koperasi dan UKM dituntut untuk mampu meningkatkan daya saing. Salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing adalah melalui peningkatan Desain produk.

Sehubungan dengan hal tersebut, Bertempat di Hotel Dewarna & Convention Kota Bojonegoro, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur pada tanggal 12-13 September 2019 mengadakan kegiatan Workshop Peningkatan Kualitas KUKM Melalui Desain Produk. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Seksi Restrukturisasi Usaha, Sri Andayani, SE., MM. Dalam sambutannya Sri Andayani menyampaikan bahwa masih banyak pelaku usaha kecil yang belum memperhatikan akan pentingnya desain produk,  " pentingnya desain produk  yang menarik mempunyai fungsi sebagai berikut yaitu menarik perhatian customer, menarik customer yang potensial untuk membeli produk, berperan penting terhadap promosi produk dan sebagai pembeda dengan produk yang lain. Inti dari desain produk yang menarik adalah meningkatkan penjualan produk".

Lebih lanjut Sri Andayani menyampaikan bahwa tujuan diadakannya Workshop ini adalah :

  1. Peningkatan pengetahuan tentang Pengembangan desain Produk bagi Anggota KUKM di Jawa Timur
  2. Peningkatan Sumberdaya Ekonomi untuk kepentingan Anggota KUKM dan Masyarakat
  3. Peningkatan volume usaha KUKM
  4. Peningkatan pemahaman tentang Pengembangan Desain Produk bagi KUKM

Jumlah peserta pada Workshop ini sebanyak 80 (delapan puluh) orang dari Asosiasi Perempuan Kreatif Jawa Timur (APKJ). Sedangkan nara sumber yang hadir adalah dari :

  • 3T Innovation Works, dengan materi Design Thingking For Produkct Development
  • Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro, dengan materi Pemberdayaan UKM dalam rangka Peningkatan Daya Saing Produk